Inovasi “Pasrah” Wujud Untuk Mensukseskan Program Jambi Terkini

 

JAMBI.KABARDAERAH.COM — Menghadapi dinamika lingkungan hidup saat ini berbagai inovasi harus dihadirkan, seperti yang dilakukan oleh Camat Paal Merah Kota Jambi, Jambi.

Dalam menciptakan lingkungan bebas dari sampah, Camat Hj Mursida, S.Pd kembali menelurkan inovasi terbaru yakni “Pasrah” atau singkatan dari ‘Persatuan Angkutan Sampah Paal Merah’.

Meskipun Inovasi Pasrah baru terlahir, namun hingga saat ini sudah memiliki 16 gerobak sampah bermotor yang tersebar di lima kelurahan didalam Kecamatan Paal Merah, Kota Jambi.

Inovasi tersebut langsung disambut baik oleh Pemerintah Kota Jambi, yang diresmikan langsung oleh Wakil Walikota Jambi Dr H Maulana, di pelantaran Kantor Camat Paal Merah, Senin (15/7/2019).

“Ini adalah suatu inovasi yang baik karena melibatkan masyarakat. Karena tata kelola sampah ini tidak akan berhasil oleh pemerintah tanpa melibatkan peran serta dari masyarakat,” ujar Maulana.

Maulana menyebutkan inovasi tersebut dikelola secara mandiri, karena pengadaan kendaraan hingga besaran biaya transportasi hanya dikelola oleh masyarakat sendiri.

“Masyarakat jangan lagi membuang sampah di TPS langsung kepetugas Pasrah. Nanti kita dorong petugas Pasrah bagaimana memiliah sampah organik dan anorgani, karena itu juga bernilai ekonomis,” sebutnya.

Maka dari itu Maulana menekankan inovasi tersebut secara kelembagaan harus konfrehensip lagi dan harus ditingkatkan, agar para petugas Pasrah mampu memilah sampah yang bernilai ekonomis.

Sementara itu Camat Mursida mengatakan, ide pemikiran inovasi Pasrah terlahir untuk mengakomodir bagi produsen sampah rumah tangga yang sulit untuk membuang sampah ke tempat pembuangan sampah (TPS).

“Atau warganya sulit untuk mengantarkan sampah ke TPS mereka bisa memanfaatkan Pasrah ini. Nah dari mereka pula lah petugas sampah ini akan mendapat imbalan setiap rumah tangga 20 ribu perbulan,” ucapnya.

Disamping itu katanya, sejalan dengan arahan Wakil Walikota Jambi bahwa pihak kecamatan juga akan membekali pihak petugas Pasrah berupa keterampilan, hal itu bertujuan agar sampah tersebut bisa bernilai ekonomis ditangan para petugas.

“Agar sampah tersebut bisa diolah jadi barang yang bermanfaat. Sehingga betul-betul wujud Paal Merah yang bersih Jambi Terkini InsaAllah bisa kita laksanakan di Kecamatan Paal Merah,” bebernya.

Mursida menyebutkan Inovasi Pasrah merupakan salah satu program untuk mensukseskan “Jambi Terkini” yang digagas oleh masa priode pemerintahan Fasha-Maulana sebagai Walikota dan Wakil Walikota Jambi.

Selian itu kata Mursida, Petugas Pasrah tidak hanya melayani pengangkutan sampah ditingkat kelurahan saja, akan tetapi jika dibutuhkan untuk mengatasi valume sampah yang menumpuk didaerah lain Pasrah selalu siap.

Penulis: Budi Harto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *