Usman Ermulan Dinilai Sosok Pembawa Perubahan

JAMBI.KABARDAERAH.COM — Keseriusan mantan Bupati Tanjung Jabung Barat, Usman Ermulan pada Pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) Jambi sebagai kandidat Gubernur sepertinya tak sebatas isapan jempol belaka.

Buktinya, mantan DPR RI tiga priode ini terus bergerilya kebeberapa partai politik, terakhir Usman Ermulan menyambangi Partai Berkarya yang berada dikawasan Telanai Pura, Jambi yang didampingi timnya untuk mengembalikan formulir penjaringan calon gubernur, Kamis (31/10/2019) malam.

Kedatangan mantan Staff Bappenas RI ini disambut hangat oleh Ketua DPW Berkarya Provinsi Jambi bersama pengurus lainnya. Amyar Usman Ketua DPW Berkarya Jambi mengaku mengenal sosok Usman Ermulan sebagai pejuang dan memiliki kepiawaan dalam memimpin.

Amyar yakin, Provinsi Jambi ditangan Usman Ermulan mampu membawa perubahan kearah yang lebih baik, hal itu diyakininya berkat kepiawan dan pengalaman Usman Ermulan menjadi anggota DPR RI tiga priode dan Bupati Tanjabbar dua priode.

“Saya doakan beliau sukses memimpin Jambi satu kedepan. Saya yakin beliau mampu memimpin Jambi, beliau piawai dalam memimpin, dia juga merupakan sosok pejuang,” kata Ambiar.

Ambiar mengaku mengenal Usman Ermulan cukup lama, pernah sama-sama di organisasi KNPI, AMPI, dan Partai Golkar.

“Syukur alhamdulillah Bang Usman melirik kami menunjukan keseriusannya untuk maju, meski kami hanya ada satu kursi. Beliau adalah seorang tokoh yang tidak asing lagi, sebagai politikus dan maupun sebagai pemimpin kepala daerah,” lanjut Ambiar Usman.

Dukungan Terus Mengalir

Usman Ermulan dianggap punya kans yang pantas untuk melenggang menjadi gubernur. Bahkan masyarakat telah merasakan hidup sejahtera ketika dipimpin putra kelahiran Kuala Tungkal, Tanjung Jabung Barat itu.

Dukungan maju untuk Pilgub mendatang pada sosok yang paham ilmu ekonomi ini, semakin hari semakin mengalir. Sebelumnya dukungan tidak hanya datang dari warga pribumi saja, namun dukungan itu juga mengalir dari warga Jambi keturunan tionghoa.

Perkumpulan Umat Bihara Avolokitesvara Jambi mengaku siap memperjuangkan Usman Ermulan di Pilgub 2020 mendatang, mereka menilai sosok Usman Ermulan merupakan sosok yang mengayomi semua ummat.

“Saya mengenal pak Usman sejak lama, dia pantas memimpin Jambi kedepan, selain beliau piawan beliau merupakan pemimpin yang tidak angkuh dan sombong kepada setiap umat,” Ujar Aon, Pengurus umat bihara Avollokitesvara, beberapa waktu lalu.

Begitupun dukungan juga disampaikan oleh tokoh kerinci, Nasrul Kadir. Dukungan itu katanya bukan tanpa alasan, dia melihat Usman Ermulan merupakan tokoh yang berpengalaman dan punya konsep untuk mensejahterakan rakyat Jambi.

“Dia punya konsep dan gagasan dalam mensejahterakan rakyat, terutama petani di Jambi, setiap kali ada pertemuan beliau selalu berbicara bagaimana meningkatkan tarap petani di Jambi. Nah, beliau punya cara yang kongkrit untuk meningkatkan hasil petani,” ujarnya kepada media ini.

Konsep Meningkatkan Kesejahteraan Petani

Majunya Mantan anggota DPR RI dari Jambi itu menjadi bakal calon gubernur pada 2020 mendatang, tak lain adalah karena panggilan jiwa, hal itu berangkat dari kepeduliannya terhadap kesejahteraan taraf hidup masyarakat Jambi.

Di Provinsi Jambi diantara penduduknya ada sekitar 80 persen berprofesi sebagai petani dan mayoritas sebagai tani karet dan sawit. Namun, sejak beberapa tahun terakhir harga karet dan sawit sebagai komoditi unggulan di Jambi itu terus merosot.

Namun hingga saat ini belum ada upaya dan solusi kongkrit yang ditawarkan oleh pemerintah daerah dalam meingkatkan hasil petani.

Meski harga komodit karet dan sawit ditentukan oleh pasar global. Namun banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningktakan hasil petani tanpa harus mengubah lahan karet dan sawit kelahan komoditi lainnya, diantaranya bisa dengan cara memperbaiki sistem tataniaganya.

Karena saat ini tataniaga karet dan sawit terlalu panjang, sehingga faktanya yang terjadi, khususnya komoditi karet selisih harga yang diterima oleh petani sangat signifikan hingga 160 persen dari harga yang ditetapkan oleh pemerintah.

Kemudian harus ada komitmen dan ketegasan pemerintah meningkatkan pemanfaatan karet pada komponen insfartruktur, seperti aspal yang berbahan  campuran dari karet. Kemudian pemerintah harus mendirikan hilirisasi karet sebagai langkah strategisnya.

“Selain itu, perlunya komitmen pemerintah untuk memperbaiki kualitas karet petani, karena bila kualitasnya kurang baik tentu itu akan menjadi alasan pedagang untuk membeli dengan harga rendah, ini dapat dilakukan oleh pemda melalui dinas terkait,” ujarnya saat dibincangi.

Begitupun harus ada komitmen pemerintah untuk meningkatkan hasil produksi petani, seperti saat ini sebagian lahan karet petani sudah usia tua, maka perlu adanya replanting dengan menyediakan bibit berkualitas.

(Budi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *