Petani Tanjabbar Gantungkan Harapannya Kepada Usman Ermulan

 

JAMBI.KABARDAERAH.COM — Sejumlah petani di Kabupaten Tanjungjabung Barat, Jambi menggantungkan harapannya kepada Bakal Calon Gubernur Jambi Drs H Usman Ermulan, MM.

Pasalnya, sejak beberapa tahun ini harga komoditi andalan di Jambi, seperti karet, sawit, pinang dan kopi harganya terus kian anjlok, akibatnya cukup dirasakan oleh petani di Jambi pada umumnya.

Seperti yang disampaikan oleh Sugiman warga Desa Mekar Jaya, Kecamatan Betara, mengharapkan adanya terjadi perubahan yang mendasar pada sektor pertanian, terutama pada masalah harga.

“Ditengah merosotnya harga komoditi saat ini, kami petani sangat mengharapkan hasil karet, sawit dan kopi bisa meningkat, dan kami menggantungkan harapan kepada pak Usman Ermulan,” ungkapnya, Jum’at (15/11/2019) malam.

Menurutnya, selama Usman Ermulan memimpin Tanjabbar dua priode sebagai bupati sangat dirasa, tidak hanya terjadi peningkatan infrastruktur saja, namun diberbagai sektor lainnya memiliki dampak positif, seperti dibidang kesenian.

“Peninggalan Usman Ermulan cukup banyak dirasa, saya sengaja mengundang dia kesini dalam acara reog ponorogo, dulu kesenian ini beliau yang merintis dan membinanya,” ujar Sugiman sekaligus sebagai ketua Reog Ponorogo di Tanjabar.

Diakuinya, Usman Ermulan merupakan sosok yang sangat peduli, kepeduliannya tidak hanya pada kelompok tertentu saja. Namun, memiliki sikap kepedulian yang merangkul kepada semua golongan.

Maka dari itu, dia mendoakan niat baik Mantan DPR RI tiga priode ini diberi kelancaran dalam berkompetisi pada Pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) Gubernur Jambi mendatang.

Tidak hanya itu, warga lainnya ikut memberi komentar, seperti yang disampaikan Leny, ia mengatakan Usman Ermulan merupakan sosok yang sederhana. Ia yakin kepiawaian Usman Ermulan mampu membawa perubahan kearah yang lebih baik.

“Berkat kepiawaian dan pengalaman yang dimilikinya, insyaa Allah Jambi akan lebih maju, apa lagi beliau selalu berteriak tentang kesejahteraan petani di Jambi dan itu komitmen dia untuk memajukan petani,” tukasnya.

Sebelumnya, kedatangan Usman Ermulan di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Betara tersebut disambut hangat oleh warga, meraka tidak lupa dengan mantan pemimpinnya itu, bahkan tak jarang dari warga meminta untuk berphoto bersama.

Dihadapan rakyatnya itu, Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jambi ini mengaku terus berjuang untuk kesejahteraan petani melalui berbagai teknologi yang tengah berkembang pada saat ini.

“Kita berupaya bagaimana harga sawit, karet dan pinang memiliki standar harga, apa lagi kopi karena daerah sini terkenal berpenghasil kopi, saya harapkan teruslah dibina,” ujarnya.

Menurutnya, banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengangkat derajat hidup petani, hal itu seiring dengan kecanggihan teknologi dengan membangun kultur jaringan, seperti mengkonsep perdangan antar negara dan asean.

“Daerah kita berdekatan dengan singapura, orang malaysia tidak punya pisang seperti kita. Apa lagi peninggalan kita dulu ada penyeberangan feri langsung kebatam dari kuala tungkal, disitu yang beli orang singapura, itu konsep kita ke asean,” jelasnya.

Apa lagi diakuinya, wilayah tersebut sebentar lagi akan masuk jalur asean, maka dia berharap pelung tersebut harus ditangkap sebaik mungkin oleh pemerintah untuk kesejahteraan rakyat.

“Orang dari malaysia atau dari daratan thailan naik peri dari johor turun ditungkal, lewat ke Bali lewat depan kita, dikiri kanan kita sediakan buah-buahan atau produksi khas yang kita miliki,” bebernya. (Budi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *