IAIN Kerinci Resmi Miliki BI Corner

JAMBI.KABARDAERAH.COM — Akhirnya Kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jambi meresmikan BI Corner di Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci, Selasa (19/11/2019).
Menurut Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Jambi, Bayu Martanto, selain acara peresmian, tentunya kesempatan kali ini juga sangat bermanfaat untuk memberikan informasi mengenai program- program Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas perekonomian, termasuk juga pengembangan Sumber Daya Manusia melalui pendidikan.
“Bank Indonesia terus menerus berupaya memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai keberadaan dan perannya terhadap perekonomian Indonesia melalui kegiatan edukasi dan sosialisasi termasuk di IAIN Kerinci ini,” ujarnya.
Hal ini juga relevan dengan salah satu misi dari Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) untuk melaksanakan kegiatan edukasi dan peningkatan kualitas pendidikan masyarakat.
Dijelaskan Bayu, melalui salah satu tema unggulan “Indonesia Cerdas”, Bank Indonesia menginisiasi Program BI Corner untuk mendukung upaya memperkuat pemahaman masyarakat tentang keberadaan dan peran Bl, sekaligus mendorong kegiatan edukasi dan peningkatan kualitas pendidikan melalui penyediaan koleksi buku berkualitas di masyarakat.
“Hal ini tidak terlepas dari upaya untuk menciptakan generasi gemar membaca, khususnya bagi pelajar,” jelasnya.
Disebutkan Bayu, hingga saat ini telah hadir 16 BI Corner di Provinsi Jambi baik yang ada di perpustakaan daerah, maupun perguruan tinggi dan Sekolah Menengah Atas. BI Corner telah diakui dapat meningkatkan jumlah kunjungan pelajar ke perpustakaan penerima BI Corner.
“Kehadiran BI Corner juga terbukti memberikan dampak positif terhadap kebijakan pengelolaan perpustakaan dan berkontribusi dalam mendukung peningkatan akreditasi dari perguruan tinggi/sekolah penerima manfaat,” tuturnya.
Ia juga berterima kepada Rektor IAIN Kerinci beserta jajarannya, yang telah mau bekerjasama sehingga BI Corner dapat dibangun di Perpustakaan IAIN Kerinci.
“Kami menitipkan BI Corner ini untuk dikembangkan, dimanfaatkan secara maksimal, dijaga, dirawat dan ditatausahakan sebagai aset milik sekolah,” tandasnya.
Sementara itu, laporan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Kerinci Dr. Azhar menyampaikan, BI Jambi telah memberikan sebanyak 164 judul buku yang terletak di BI Corner kampus IAIN Kerinci. Bantuan ini, sangat bermanfaat bagi para mahasiswa.
“BI Corner adalah cita cita, keinginan, idaman yang sudah sejak lama kita inginkan dan alhamdulillah pada hari ini telah terpenuhi berkat kemurahan BI Jambi,” sebutnya.
Ia mengucapkan terimakasih terhadap BI Jambi yang telah memberikan bantuan melalui BI Corner untuk IAIN Kerinci.
“Semoga bisa dimanfaatkan mahasiswa dengan semaksimal mungkin,” tandasnya.
Dalam peresmian ini, juga dilakukan penandatanganan MoU antara pihak BI Provinsi Jambi dan kampus IAIN Kerinci.
Setelah peresmian BI Corner, juga dilanjutkan dengan kegiatan edukasi dan sosialisasi mengenai kebanksentralan, Gerakan Nasional Non Tunai, serta sosialisasi Ciri-ciri Keaslian Uang Rupiah (CIKUR).
Sebelumnya, kedatangan Kepala kantor perwakilan BI Provinsi Jambi Bayu Martanto, Asisten II bidang perekonomian dan pembangunan setda Pemkot Sungai Penuh Herman, Rektor IAIN Kerinci Dr. H. Sonafist, M. Ag. dan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Kerinci Dr. Azhar disambut dengan tarian selamat datang khas Kerinci.
(azhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *