Peduli Penghijauan, Kapolda Jambi Pimpin Tanam Ribuan Pohon

JAMBI.KABARDAERAH.COM – Dalam rangka aksi peduli penghijauan, Kapolda Jambi pimpin penanaman ribuan pohon di kawasan UPTD Kebun Binatang Taman Rimba di depan Bandara Sulthan Thaha Saifuddin, Kota Jambi, Jum’at (10/1/2020).
Bersama Forkopimda Provinsi Jambi, sejumlah pohon, seperti Akasia, Meranti, Bulian dan lainnya ditanam serempak.
Menurut Kapolda Jambi, Irjen Pol Muchlis AS, penanaman pohon ini dalam rangka memperingati hari sejuta pohon sedunia, yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia termasuk di Polda Jambi.
“Untuk Polda Jambi, kita menanam ribuan aneka jenis batang pohon,” tukasnya.
Muchlis juga menceritakan, bahwa sejak kecil hidup di Jambi dan mengetahui persis bagaimana kondisi Jambi sejak dulu.
“Saya dari kecil di Jambi dan tau persis bagaimana dulu Sungai Batanghari hijau dan airnya bening sekarang sudah butek (keruh),” tandasnya.
Saat ini, katanya, banyak masyarakat Provinsi Jambi mencari kehidupan di alam sehingga tidak terjaga dengan baik lagi. Maka dari itu, penanaman pohon ini dalam rangka penghijauan untuk masa depan.
“Isi bumi dikeruk, dinding tebing sungai ditembak. Jadi alam kita saat ini tidak bisa dijaga. Ini yang harus kita hentikan supaya warisan nenek moyang harus kita berikan juga kepada anak cucu kita, jangan kita habiskan sekarang. Itu yang kita harapkan,” tutur Muchlis.
Selanjutnya, dia berharap aksi peduli penghijauan alam ini tidak berhenti sampai disini dan dilanjutkan oleh instansi lainnya.
Plt Sekda Provinsi Jambi, Sudirman mengapresiasi penanaman ribuan pohon oleh Polda Jambi.
“Kita sangat mengapresiasi dengan penamaan ribuan pohon yang dilakukan jajaran Polda Jambi. Dengan ini kita bisa menjaga alam lebih baik,” ujarnya.
Dia menilai, ribuan pohon yang ditanam mampu memberikan manfaat yang sangat luar biasa ke depannya. Sehingga hasilnya dapat dinikmati oleh generasi muda kedepannya.
“Semoga ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi anak muda kedepannya dan anak cucu kita nantinya,” tukas Sudirman.
Selain itu, paparnya, ini juga merupakan bentuk peduli kasih kepada alam untuk merawat pohon dan menyelamatkan bumi. “Ini untuk mereboisasi alam kita yang telah rusak untuk menjadi keasrian kembali.”
Dalam kegiatan ini, turut dihadiri, Wakapolda Jambi Brigjen Pol Dul Alim, kepala OPD terkait hingga dan perwakilan Korem 042/Gapu.
(aris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *