Cegah Pengusaha Timbun Beras, Satgas Pangan Jambi Siap Beraksi


Warning: Attempt to read property "post_excerpt" on null in /home/admin/domains/kabardaerah.com/public_html/jambi/wp-content/themes/wpberita/template-parts/content-single.php on line 95

Jambi, KD — Hati-hati bagi pengusaha beras yang sering menimbun beras, sehingga harga beras dipasaran tinggi diatas harga eceran tertinggi (HET) yang ditentukan pemerintah.

Pasalnya, dalam waktu dekat Tim Satgas Pangan Provinsi Jambi akan menggelar inspeksi mendadak (sidak) bagi pengusaha atau mitra beras di Provinsi Jambi.

Hal ini ditegaskan Kabid Pelayanan Publik Bulog Jambi Saidi, usai menghadiri Rapat Koordinasi Terpadu Satgas Pangan Provinsi Jambi Dalam Rangka Evaluasi Harga dan Ketersediaan Distribusi Bahan Pokok Beras di Wilayah Jambi di Polda Jambi, Selasa (25/72017).

“Dari hasil rapat tadi, adanya kesepakatan bersama dengan pengusaha beras di Jambi, agar menjual beras diatas HET yang ditentukan, yakni untuk HET beras medium Rp. 9.500 per kilogramnya,” katanya.

Tidak itu saja, sambungnya, Tim Satgas Pangan akan melakukan inspeksi mendadak (sidak) di gudang-gudang beras milik para pengusaha.

“Pasalnya, para mitra-mitra (pengusaha) beras tidak diperkenankan menimbun beras bila terjadi kelangkaan beras dipasaran,” tegas Saidi.

Menurutnya, mereka tidak diperbolehkan menimbun beras dan harus dikeluarkan stok berasnya. “Kalau Bulog, bukan untuk menimbun beras, tapi kebutuhan stok nasional.”

Ditegaskan lagi Saidi, hal ini bukan tidak ada sanksinya. “Bila dalam sidak mendatang ada ditemukan pengusaha menimbun beras, sanksinya akan dicabut izin usahanya oleh Tim Satgas Pangan.”

Mereka, lanjutnya, dinilai tidak menjalankan Permendag Nomor 27 Tahun 2017 tentang Penetapan Harga Acuan Pembelian di Petani dan Harga Acuan Penjualan di Konsumen.

“Permendag Nomor 27 Tahun 2017 ini sudah berlaku sejak 16 Mei lalu untuk sembilan harga komoditi bahan pokok,” tutur Saidi mengakhiri. (aris/ratno)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *