Lagi.. Kebakaran Lahan terjadi di Kabupaten Tanjabbar.


Warning: Attempt to read property "post_excerpt" on null in /home/admin/domains/kabardaerah.com/public_html/jambi/wp-content/themes/wpberita/template-parts/content-single.php on line 95

 

 

Jambi, KD — Kebakaran Lahan kembali terjadi. Masih di Kabupaten Tanjungjabung Barat (Tanjabbar), Jambi, setidaknya satu hektar lahan di Dusun Sri Rahayu, Desa Serdang Jaya, Kecamatan Betara, ludes terbakar, Jumat kemarin 28 Juli 2017

Informasi yang didapat, hingga Jumat malam upaya pemadaman masih dilakukan petugas, guna memastikan kebakaran tidak meluas.

Kapolres Tanjabbar, AKBP Alfonso Doly Gelbert Sinaga melalui Kapolsek Betara, Iptu Irwan membenarkan adanya peristiwa kebakaran lahan tersebut.

“Yang terbakar merupakan lahan sawit dan semak belukar bergambut seluas satu hektare yang terjadi sekitar pukul 12.30 WIB kemarin,” ungkapnya, Sabtu 29 Juli 2017.

Irwan juga menjelaskan, begitu mendapatkan laporan kebakaran, jajaran Polsek Betara bersama dengan warga dan tim satgas karhutla yang terdiri dari personil Kodim 0419/Tanjab, TRC BPBD, KMPA Desa Serdang Jaya langsung berjibaku berusaha memadamkan kobaran api yang membakar lahan itu.

“Selain itu, pemadaman juga dilakukan melalui udara (bom air) oleh helikopter milik perusahaan PT WKS,” ujarnya.

Namun, Irwan masih belum mengetahui siapa pemilik lahan dan sumber api yang menyebabkan kebakaran lahan.

“Masih dalam penyelidikan. TKP juga saat ini telah dipasang Police Line dan papan pengawasan,” bebernya.

Dari pemantauannya, api dapat dipadamkan pada pukul 18.00 WIB. Namun masih terdapat asap, petugas juga masih tetap melakukan upaya pemadaman.

Selain upaya pemadaman oleh tim gabungan Satgas Karhutla, petugas juga dibantu helikopter milik PT WKS, dan empat unit mesin pemadam.

Terpisah, Kasdim 0419/Tanjab Mayor Inf Firdaus menyampaikan apresiasinya atas kesiagaan dan kesigapan seluruh Tim Satgas Karhutla.

Disamping itu, Dia juga berterimakasih adanya masyarakat yang bersedia melaporkan terjadinya kebakaran, sehingga kebakaran ini cepat ditangani dan tidak merembet ke lokasi lain.

“Kita imbau terus kepada masyarakat agar cepat melaporkan kepada Tim Satgas karhutla jika ada kasus kebakaran lahan,” imbuh Firdaus. (wijaya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *