Dansatgas Karhutla Perintahkan Jajarannya Tembak Pelaku Pembakaran Hutan dan Lahan

 

Jambi, KD — Dansatgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Provinsi Jambi yang juga sebagai Danrem 042/Garuda Putih Kolonel Inf Refrizal mengaku gerah melihat masih adanya pelaku pembakaran hutan dan lahan di Provinsi Jambi.

Karena itu, pihaknya tidak segan-segan melakukan tindak tegas tembak di tempat bila menemukan pelaku pembakaran lahan.

Hal ini bukan tanpa alasan. Menurut Refrizal, semua sudah dalam evaluasinya, untuk operasional karhutla sudah baik, bahkan sudah dibuat maklumat dan imbauan kepada masyarakat dan pihak perusahaan agar jangan membakar lahan sembarangan.

“Nah itu. Atau punishment (hukuman) yang kurang tegas. Bila begini terus, saya perintahkan ke jajaran korem agar membuat tindakan tegas. Tembak saja, tetapi dengan prosedur yang benar,” tegas Refrizal, Selasa (1/8/2017) di ruang kerjanya di Makorem 042/Garuda Putih.

Namun, sambungnya, kalau sudah tertangkap diproses saja sesuai peraturan yang berlaku.

Kenapa harus ada tindakan tegas? Dansatgas Karhutla menilai, masalah asap ringan tidak berat, tapi dampak asap tersebut bisa kemana-mana. “Bahkan bisa sampai ke luar negeri. Dan itu yang jadi masalah.”

“Berarti orang atau pelaku yang membakar lahan tersebut, tidak ada karakter toleransi, tidak bertanggungjawab. Wajar tidak, kira-kira bila mereka kita hajar demikian,” tutup Refrizal. (azhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *