Lepas Ratusan JCH, Gubernur Jambi Berikan Sambalingkung

Jambi. KD — Gubernur Jambi Zumi Zola didampingi istri Sherrin Tharia mendatangi ratusan jemaah calon haji (JCH) Embarkasi Haji Antara Provinsi Jambi tahun 1438 H/2017 M, di aula Asrama Haji, Kota Jambi, Jumat sore (18/8/2017).

Kedatangan keduanya adalah, untuk melepas sebanyak 450 orang jemaah haji kloter pertama Provinsi Jambi.

Dalam sambutannya Zumi Zola mengatakan senang dapat berkumpul dengan calon tamu Allah, yakni calon jemaah haji.

“Saya sangat bersyukur, hari ini kita dapat berkumpul bersama dengan para calon jamaah haji yang sebentar akan berangkat. Semoga calon para jamaah haji kita menjadi haji yang mabrur,” doanya.

Selain itu, Zola juga berpesan kepada para calon jamaah haji agar selalu menjaga kesehatan selama proses menjalankan ibadah di tanah suci, agar dapat menjalankan ibadah dengan lancar tanpa ada gangguan sedikitpun.

“Selalu jaga makan, minum dan cukup istirahat. Di sana ada air zam-zam banyak, bapak ibu manfaatkan air Zam-zam itu minum sebanyak-banyaknya. Jangan makan yang dapat berpotensi gangguan perut, pedas berlebihan, supaya melaksanakan ibadah haji dapat berjalan dengan baik,” pesan Zola.

Selain itu, Dia juga membagikan pengalamannya diwaktu dirinya melaksanakan haji ke tanah suci. Dalam berdoa, Zola meminta kepada Allah dua hal, yakni doa untuk keselamatan masyarakat Jambi, dan yang meminta keturunan lagi.

“Akhirnya saya sangat bersyukur sekali sewaktu kami pulang, dan kami cek ternyata istri saya hamil,” ceritanya.

Menurutnya, menjalankan ibadah haji berbeda dengan ibadah lainnya, karena harus menunggu waktu yang tidak singkat, dana yang besar.

“Selamat jalan selamat menempuh perjalanan. Kami tunggu kedatangan bapak ibu di Provinsi Jambi lagi,” harapnya.

Selanjutnya, Zola menyerahkan bendera merah putih ke ketua kloter pemberangkatan, serta menyerahkan sambal ikan patin khas Jambi (sambalingkung)  sebagai simbol pelepasan.

Dalam kesempatan tersebut, tampak Hadir Kakanwil Kemenag Provinsi Jambi Thaher, Kakanwil Kemenkum HAM Jambi Bambang Palasara dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi Temawisman. (ratno)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *