Nobar Film G30S/PKI, Masyarakat Diharapkan Tidak Melupakan “Jasmerah”

Danrem 042/Gapu dan Gubernur Jambi terlihat serius nobar film G30S/PKI

Jambi, KD — Nonton bareng (nobar) film G30S/PKI yang digelar Korem 042/Garuda Putih, Jambi di lapangan depan Balai Prajurit Makorem di kawasan Telanaipura, Kota Jambi dihadiri ribuan orang.

Bukan hanya masyarakat yang hadir antusias menyaksikan film sejarah kelam Indonesia pada tahun 1965 lalu, tapi juga dihadiri Gubernur Jambi Zumi Zola dan tamu undangan lainnya.

Menurut Gubernur Jambi Zumi Zola, hampir semua para pejabat dan pemimpin negara sudah melihat film tersebut. Bahkan Panglima TNI Gatot Nurmantiyo juga memerintahkan agar film bersejarah ini dapat diputar ulang lagi.

“Mungkin banyak yang sudah melihat film ini, tapi masih banyak juga yang belum melihat film ini. Waktu SD, saya sudah melihat film ini. Film ini sangat ngeri sekali, karena film ini menceritakan dimana para PKI mengkhianati bangsa kita,” kata Zola, Sabtu malam (30/9/2017).

Gubernur Jambi juga tidak mengira, bila film G30S/PKI disaksikan ribuan masyarakat hingga memadati lapangan hijau Makorem ini.

“Terima kasih kepada seluruh masyarakat yang sudah hadir disini, ini menandakan betapa pentingnnya menjaga keutuhan NKRI,” katanya.

Danrem 042/Garuda Putih Kol Inf Refrizal mengatakan pemutaran film ini merupakan sebuah cara untuk menambah pengetahuan agar para generasi muda melek sejarah dan tidak melupakan jasmerah, yakni jangan sampai melupakan sejarah

“Kita sebagai generasi penerus bangsa yang belum mengetahui tentang film pengkhianatan G30S/PKI yang terjadi 52 tahun silam diharapkan dengan menonton film ini, dapat menambah kecerdasan, kepemahaman agar kejadian serupa tidak terulang lagi,” ungkapnya.

Danrem menilai, kemajuan tekhnologi seperti saat ini berdampak positif dan negatif. “Besar harapan saya, setelah nonton film ini khususnya para generasi muda dapat dijadikan bekal, agar tidak mudah terbawa arus dengan maraknya hoax atau pun pemberitaan bohong tentang sejarah G30S/PKI,” harap Refrizal.

Sementara itu ribuan warga sangat antusias melihat pemutaran film tersebut, mulai dari remaja, dewasa, mahasiswa, ormas hingga orang tua.

Sharly, warga Selincah, Kota Jambi yang ikut nobar di Makorem mengaku baru kali ini melihat film tersebut.

“Baru pertama kali bang melihat film ini. Selain itu, jauh-jauh nonton ke sini juga kepengin lihat langsung Pak Gubernur yang ganteng itu,” ujarnya sembari serius menyaksikan film tersebut.

Baca juga : nobar-film-g30spki-korem-042gapu-gunakan-layar-lebar

Sedangkan Suci, warga Broni mengakui baru pertama kali melihat film bersejarah tersebut. “Baru pertama kali bang. Ni nonton bareng sama kawan-kawan,” tuturnya.

Warga lainnya, Muji mengaku datang menonton film tersebut dengan istrinya. “Saya sudah pernah nonton. Istri yang belum pernah nonton, penasaran katanya.” (ratno)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *