Kasrem 042/Gapu Motivasi Prajurit TMMD Harus Tetap Semangat

Kasrem 042/Gapu Letkol Inf Yudi Ruskandar

Muarojambi I Kabardaerah.com — Kepala Staf Resimen Militer (Kasrem) 042/Garuda Putih Letkol Inf Yudi Ruskandar mengaku bangga dengan prajurit TNI yang tergabung dalam tim Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 100 Kodim 0415/Batanghari TA 2017.

Bagaimana tidak, dalam waktu separuh perjalanan TMMD banyak progres sasaran yang dicapai, baik sasaran fisik ataupun sasaran non fisik.

Menurut Kasrem, saat ini prajurit TMMD masih berada di lapangan dengan masyarakat untuk membangun desa, seperti membuka jalan sepanjang 11 kilometer dari Kelurahan Sekernan menuju Desain Bukit Baling, Kabupaten Muarojambi, Jambi.

Yudi menilai, kegiatan ini sangat bermanfaat dan dirasakan masyarakat. Pasalnya, bukan hanya kegiatan fisik saja yang menjadi sasaran, seperti pembukaan jalan baru, bangun pos siskamling, namun ke sasaran non fisik, seperti penyuluhan agama, narkoba hingga memberikan wawasan kebangsaan kepada masyarakat.

Sebagai pimpinan, Kasrem juga memotivasi prajuritnya, agar selalu semangat dalam bertugas serta berkarya bagi kepentingan masyarakat, karena TNI berasal dari rakyat dan untuk rakyat.

“Meski kegiatan TMMD tersebut terbilang padat dengan medan jalan yang berlumpur dan berada di perkebunan warga, sebagai prajurit TNI tetap semangat. Bagaimana pun permasalahan tetap semangat. TNI Kuat, rakyat kuat,” tegas Yudi belum lama ini.

Kasrem berharap, kerja mereka bisa berhasil sesuai target yang diberikan ankum dan komandan mereka. “Kerja mereka meski dapat dipertanggungjawabkan,” tukasnya.

Sementara Bupati Muarojambi Hj Masnah Busro yang ditemui media jambi.kabardaerah.com, mengakui keberadaan TNI selama ini sangat dirasa dalam mensukseskan pembangunan pemerintah daerah.

Disamping itu, sambungnya, prajurit TNI juga berkontribusi positif dalam membangun sumber daya manusia (SDM), terutama bagi masyarakat Kabupaten Muarojambi, Jambi.

Menurutnya, program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan program yang sangat tepat dan strategis dalam membantu pemerintah dalam membangun, baik secara fisik maupun non fisik.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Muarojambi mengapresiasi dan menyambut baik TMMD ke 100 Kodim 0415/Batanghari. Dengan kehadiran TNI ditengah-tengah masyarakat dapat memicu semangat masyarakat,” ungkap Masnah.

Bupati menilai, kepercayaan dan kerjasama yang diberikan oleh pihak TNI khususnya Kodim 0415/Batanghari telah menciptakan situasi yang aman dan kondusif serta adanya peningkatan partisipasi aktif dan swadaya masyarakat dalam membangun Kabupaten Muarojambi.

“Saya berharap sinergitas yang dibangun oleh TNI dan Pemkab Muarojambi serta masyarakat agar semakin ditingkatkan dan bisa dipertahankan di Bumi Sailun Salimbai,” imbuh Masnah.

Sejak dibuka kegiatan TMMD ke 100 yang dipusatkan di Desa Bukit Baling, Kecamatan Sekernan, Kabupaten Muarojambi pada tanggal 27 September lalu, hingga memasuki pertengahan kegiatan saat ini, tim TMMD ke 100 Kodim 0415/Batanghari di Desa Bukit Baling sudah menunjukan progres yang positif.

Data yang diperoleh hingga hari ke 15 kegiatan TMMD ke 100 Kodim 0415/Batanghari, pembukaan Jalan Baru dari Kelurahan Sengeti menuju Desa Bukit Baling sepanjang 11 Km, progres 2.570 M x 10 M dengan tingkat capain 58 persen.

Lokasi TMMD membuat jembatan

Sementara pembuatan jembatan kayu di Kelurahan Sengeti dengan ukuran 10 M x 10 M masih mencapai 15 persen.

Sedangkan untuk pemasangan gorong-gorong di enam titik berada di jalan baru yang dibuka baru dikerjakan di dua titik, yakni titik pertama sudah mencapai 95 persen dan titik kedua sudah 70 persen. Sementara di empat titik sisanya dalam pekan ini dikerjakan prajurit.

Baca juga : warga-senang-pos-siskamling-sudah-selesai-dibangun-tim-tmmd-0415batanghari

Khusus pembuatan pos siskamling, terdapat dua pos yang dibangun di RT 11 Desa Bukit Baling, pos siskamling pertama kondisinya sudah mencapai 90 persen, sedangkan pos siskamling kedua mencapai 50 persen.

Dalam kegiatan TMMD Ke 100 Kodim 0415/Batanghari, Jambi hampir semua unsur bersinergi bersatu padu membangun desa.

Ratusan prajurit TNI mulai beraktivitas sejak pukul 07.00 WIB. Mereka dibantu puluhan anggota Polri dari kesatuan Polres Muarojambi dan masyarakat setempat hingga pukul 16.00 WIB.

Untuk diketahui, TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan program terpadu lintas sektor antara TNI dengan Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), pemerintah daerah dan komponen bangsa lainnya yang dilaksanakan secara serentak di Indonesia pada tahun 2017 ini.

Program TMMD ini memberikan prioritas pada pembangunan daerah miskin atau tertinggal, terpencil atau terisolir, perbatasan atau pulau-pulau kecil terluar, serta daerah kumuh perkotaan yang belum tersentuh dan daerah terkena musibah.

Atas dasar itu pula, dipandang perlu adanya kegiatan nyata yang perlu dilakukan oleh TNI, untuk tetap menjaga hubungan baik dengan masyarakat, membangun pondasi negara yang kuat melalui kemitraan terencana antara TNI dengan masyarakat. (azhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *