TMMD Masih Dibutuhkan Masyarakat Dalam Membangun Desa

Brigjen TNI Muslimin Akib meninjau pelaksanaan TMMD Ke 100 Kodim 0415/ Batanghari di Desa Bukit Baling, Kabupaten Muarojambi

Muarojambi I Kabardaerah.com — Guna mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 100 Kodim 0415/ Batanghari TA 2017 di Provinsi Jambi, Ketua Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) Sterad Mabesad TNI Brigjen TNI Muslimin Akib, meninjau langsung lokasi TMMD yang dipusatkan di Desa Bukit Baling, Kabupaten Muarojambi, Jambi, Kamis (12/10/2017).

Usai menggelar rapat bersama terkait pelaksanaan TMMD ke 100 Kodim 0415/Batanghari TA 2017 di Kantor Bupati Muarojambi, rombongan jenderal bintang satu ini langsung menuju lokasi yang jaraknya sekitar 3 Km dari jalan utama.

Awalnya, rombongan Brigjen TNI Muslimin Akib meninjau pembuatan tugu TMMD yang berlokasi di simpang empat jalan baru yang lagi dikerjakan tim TMMD.

Terlihat, puluhan anggota TMMD dibantu sejumlah anggota Polri dari kesatuan Polres Muarojambi dan masyarakat berbaur membangun tugu.

Ada masyarakat yang mengangkat batu bata, sementara anggota TNI dan Polri terlihat mengaduk semen. Terkadang dalam bekerjasama tersebut, terlontar canda tawa dari mereka.

Sekitar 15 menit kemudian, Akib beserta rombongan meninjau pemasangan gorong-gorong yang letaknya sekitar 1 Km dari tugu TMMD yang lagi dibangun.

Dengan menggunakan motor trail yang sudah disiapkan petugas, Brigjen TNI Muslimin Akib, Danrem 042/Garuda Putih Kolonel Inf Refrizal dan Dandim 0415/Batanghari yang juga Dansatgas TMMD ke 100 Letkol Inf Denny Noviandi dan Wakapolres Muarojambi Kompol Lukman menuju lokasi pemasangan gorong-gorong.

Jalan tanah liat dan berlumpur serta becek, lantaran musim penghujan tidak membuat pelaksanaan pekerjaan tertunda.

Para prajurit TNI bersama polisi dan masyarakat pun terlihat berjibaku menyelesaikan pekerjaan tersebut. Sementara yang lain, berusaha membuat parit dengan menggunakan cangkul.

Masyarakat dan TNI saat memasang gorong-gorong

Melihat kekompakan dan sinergitas antara Satgas TMMD, Polisi dan masyarakat, Ketua Tim Wasev Sterad Mabesad TNI Brigjen TNI Muslimin Akib menilai pelaksanaan kegiatan program TMMD ke 100 di Desa Bukit Baling berjalan dengan baik dan telah menunjukan progres yang positif dan sesuai rencana.

Namun, Dia mengakui pelaksanaan TMMD di Kabupaten Batanghari ini diwarnai sejumlah kendala, terutama terkait masalah cuaca.

“Terkendalanya karena pada musim hujan, sehingga menjadi hambatan, waktu dan tenaga. Namun bisa ditanggulangi Dandim,” ujar Akib, Kamis (12/10/2017).

Akib berharap, faktor cuaca jangan menjadi hambatan dalam mensukseskan TMMD, sehingga tidak mengganggu anggaran yang sudah ada.

Disamping itu, Dia juga memuji kekompakan TNI-POLRI dan masyarakat dalam membangun jalan baru di kegiatan TMMD.

“Dengan adanya jalan baru sepanjang 11 kilometer dari Kelurahan Sengeti menuju Desa Bukit Baling akan berdampak pada perekonomian warga. Hasil-hasil bumi warga, seperti karet, sawit dan sayuran bisa diangkut dengan mudah,” ungkap Akib.

Polisi dari Polres Muarojambi menyatu dengan TNI dan masyarakat dalam membuka jalan baru

Menurutnya, dari peninjauan kegiatan fisik serta hasil interaksi dengan masyarakat yang membantu pelaksanaan TMMD, masyarakat mengaku masih membutuhkan TNI Manunggal Membangun Desa.

“TNI untuk rakyat dan berasal dari rakyat. TNI kuat rakyat kuat,” tandas Akib.

Parman, salah seorang warga RT 11, Desa Bukit Baling mengaku masih membutuhkan dan mendambakan TNI dalam membangun desa.

“Apa yang diinginkan warga, TNI selalu tanggap dan cepat merespon. Dampak TMMD ini luar biasa bagi masyarakat, seperti pembangunan pos siskamling, gorong-gorong dan jembatan,” katanya.

Dampak tersebut diakui Parman, bila jalan tersebut selesai tentu akan mempermudah masyarakat dalam mengeluarkan hasil pertaniannya untuk dijual.

“Tidak itu saja, yang semula ditempuh dengan waktu lebih satu jam, lantaran masih rimba kini bisa ditempuh dengan beberapa menit saja. Jadi kami sangat berterimakasih dengan TMMD,” tuturnya.

Sementara Wakapolres Muarojambi Kompol Lukman yang ikut meninjau sangat mengapresiasi kegiatan TMMD ke 100 Kodim 0415/Batanghari dalam membuka akses jalan baru ini.

“Artinya, akan mempermudah patroli dalam melindungi keamanan masyarakat. Nantinya babinsa dan babinkantibmas bisa patroli dan bekerja bersama dalam mengamankan wilayahnya. Kalau TNI dan polisi terlihat terikat, otomatis masyarakat akan dekat dan melekat,” tandasnya.

Terpisah, Bupati Muarojambi Masnah Busro merasa bersyukur dengan adanya kegiatan TMMD ke 100 Kodim 0415/Batanghari. Pasalnya, anggaran khusus infrastruktur menjadi ringan.

“Khusus jalan baru yang dibuka sepanjang 11 kilometer ini hanya membutuhkan biaya Rp 1 miliar. Bayangkan dengan pengerjaan melalui proyek, jalan sepanjang 11 kilometer ini bisa menelan biaya hingga Rp. 4 miliar,” ujar Bupati wanita pertama di Provinsi Jambi ini.

Lokasi jalan baru dari Kelurahan Sengeti menuju Desa Bukit Baling yang dibangun TMMD ke 100 Kodim 0415/Batanghari

Masnah berharap, kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Muarojambi dengan TNI terus berlanjut, karena masyarakat sangat terbantu.

“Alhamdulillah sangat terbantu sekali. Karena itu, saya berencana TMMD tahun depan akan membangun jalan lagi di kawasan Sungai Bahar yang masih terisolir,” ujarnya dengan senyum sumringah. (azhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *