Meski Terlambat, Masyarakat Tetap Antusias Membantu TMMD

Perwira Pengawas Lettu Inf Riyakudu mengawasi prajurit dalam kegiatan TMMD

Muarojambi I Kabardaerah.com — Pengawasan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 100 Kodim 0415/Batanghari TA 2017, tidak hanya diawasi dari Mabes TNI seperti yang dilakukan oleh Ketua Wases Sterad Mabes TNI Brigjen TNI Muslimin Akib beberapa waktu palu, namun oleh perwira pengawas internal.

Pengawasan ini dilakukan agar setiap pengerjaan yang telah tersusun, selesai sesuai dengan yang diharapkan tanpa banyak kendala.

Diakui Perwira Pengawas TMMD ke 100 Kodim 0415/Batanghari Lettu Inf Riyakudu, bahwa masyarakat Desa Bukit Baling, Kabupaten Muarojambi, Jambi sangat antusias dalam membantu kinerja TMMD dalam membantu membuka jalan dan kegiatan lainnya.

Meski demikan, faktor kendala tetap ada. Diantaranya, kata Riyakudu, masyarakat tidak bisa membantu kegiatan TMMD sejak pagi hari, lantaran mereka rata-rata berkebun karet pada pagi hari.

“Masyarakat kalau pagi hari masih di kebun untuk motong (nyadap) karet.┬áNamun siang harinya, usai pulang dari kebun dan istirahat makan siang dan sholat zuhur mereka langsung membantu anggota TMMD menyelesaikan pembukaan jalan dan lainnya. Bahkan, terkadang mereka membantu kami hingga larut malam,” ungkapnya, Selasa (17/10/2017).

Sebagai timbal baliknya, ujarnya,  kami membuka posko kesehatan gratis bagi masyarakat yang sakit.

“Dengan kegiatan TMMD ini, masyarakat berharap program TMMD ini bisa diteruskan di tempat-tempat pedesaan yang terpencil dan jauh dari perkotaan. Yang pasti masyarakat sangat mendukung,” tegas Riyakudu.

Senada Perwira Pengawas TMMD, Ketua Dewan Permusyawaratan Desa (DPD) Bukit Baling Pariman, mengakui bila pagi hari masyarakat masih bekerja sebagai pemotong getah karet sehingga lambat datang.

Namun, masyarakat sangat antusias terhadap pembukaan jalan baru tersebut. “Kita tetap membantu, hanya saja terlambat datang karena harus bekerja setengah hari untuk motong karet di kebun,” tandasnya.

Sementara dari hasil pengawasan petugas, sasaran fisik pembukaan Jalan Baru dari Kelurahan Sengeti menuju Desa Bukit Baling sepanjang 11 Km, progres 4.550 M x 10 M mencapai 77 persen.

Lokasi jembatan kayu yang lagi dibangun TMMD bersama masyarakat

Pembuatan jembatan kayu di Kelurahan Sengeti dengan ukuran 10 M x 10 M mencapai 50 persen. Sementara pemasangan gorong-gorong di enam titik, dua titik sudah selesai 100 persen, satu titik 95 persen, satu titik baru mencapai 15 persen dan dua lainnya menyusul.

Untuk pembuatan dua unit pos kamling di RT 11 Desa Bukit Baling, sudah selesai 100 persen sejak beberapa hari lalu. (azhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *