Pipa Pertamina Yang Bocor Tidak Membahayakan

Lokasi semburan air dari pipa milik pertamina yang bocor beberapa waktu lalu

Jambi I Kabardaerah.com —  Kebocoran line pipa milik pertamina di RT 07 Kelurahan Kenali Asam Bawah, Kecamatan Kotabaru, Kota Jambi, Rabu kemarin diklaim pihak pertamina bukanlah pipa minyak, namun pipa air.

Hal ini diakui, Humas EP Field Pertamina Arina, bahwa pipa itu bukanlah pipa minyak tapi pipa air milik pertamina.

Menurutnya, proses produksi migas terjadi perpisahan antara minyak, air dan gas. Air yang sudah dipisahkan dimasukan lagi ke dalam sumur injeksi untuk menstabilkan di bawah tanah.

“Bocornya pipa kemarin tidak akan membahayakan masyarakat. Jangan khawatir, pipa bocor itu bukan minyak namun air injeksi,” tegas Arina lagi, Jumat (20/10/2017).

Dalam proses tersebut, Dia mengistilahkan, istilah dalam migas namanya water cut atau komposisi air dan minyak.

“Kalau rata-rata di kawasan Kenali itu adalah air. Dalam pipa itu isinya air semua. Dalam prosesnya, air sama minyaknya dipisah. Air masuk ke pipa air, minyak masuk ke pipa minyak. Jadi pipa itu sudah air saja isinya,”

Terkait rumah warga yang tersiram akibat bocornya pipa pertamina, pihaknya sudah melakukan perundingan secara musyawarah.

“Warga jangan cemas, itu air bukan minyak dan tidak akan berdampak bahaya. Proses perbaikan akan terus dicek pihak pertamina yang melintang ditengah jalan,” katanya.

Mengenai penyebab bocornya pipa, Arina menyebutkan bukan karena pipa tua, namun kawasan pipa terletak dikawasan padat penduduk, sehingga pipa tertekan terus oleh kendaraan yang lalu lalang.

“Kalau pipanya sudah lama. Itu bocor karena tekanan kendaraan bermotor yang lalu lalang melintas di jalan,” imbuhnya mengakhiri. (azhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *