Curah Hujan Tinggi, Akibatkan 79 Ha Lahan Padi Alami Fuso

Jambi I Kabardaerah.com — Akibat curah hujan tinggi yang terjadi di Provinsi Jambi selama musim penghujan ini, menyebabkan puluhan hektar tanaman padi mengalami gagal panen atau fuso.

Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Provinsi Jambi, Ahmad Mausul kepada sejumlah media, Kamis (7/12/2017).

“Sampai sekarang ada 79 hektar padi yang dinyatakan fuso, yakni padi di wilayah barat, seperti Bungo sementara di wilayah ilir belum. Mudah-mudahan tidak berdampak fuso,” katanya.

Bukan hanya padi yang mengalami fuso, tetapi curah hujan yang tinggi juga berdampak pada tanaman lainnya. “Untuk cabe terkena 5 hektar, yakni di Kabupaten Muarojambi dan Batanghari,” jelasnya.

Saat ini, lanjut Mausul, pihaknya sedang melakukan pendataan terkait dengan fuso tersebut,. Nantinya data tersebut akan diajukan kepada pemerintah pusat untuk memperoleh bantuan benih.

“Tiga bulan sebelum tanam sudah dimasukkan asuransi padi sehingga bisa diganti Rp6 juta per hektar. Selain itu, kedepan diajukan untuk mendapat bantuan benih nasional. Nanti didata dan diajukan proposalnya ke pusat,” pungkasnya. (tresno)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *