Ratusan Desa di Batanghari Belum Cairkan ADD

Batanghari I Kabardaerah.com — Ratusan desa di Kabupaten Batanghari, Jambi hingga akhir tahun 2017 ini belum ada yang mencairkan anggaran dana desa (ADD)

Padahal, bantuan keuangan dari Provinsi Jambi sebesar Rp60 juta untuk masing-masing desa belum ada satupun desa yang mengajukan proses pencairan dana tersebut.

Sementara bantuan keuangan dari Provinsi Jambi saat ini sudah berada di Kas Daerah (Kasda) Kabupaten Batanghari.

Hal ini dibenarkan Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Batanghari M Azan. Menurutnya, dana bantuan keuangan dari provinsi tersebut sudah masuk di kasda, namun belum ditransfer ke rekening biro desa.

“Sampai saat ini belum ada satu pun desa yang mengajukan permintaan pencairan untuk dana desa,” ungkapnya, Rabu (20/12/2017).

Diakui Azan, dari total seluruh desa yang berada di Batanghari, dirinya yakin hanya 80 persen desa yang mencairkan dana tersebut.

“Dari 110 Desa dan kelurahan yang ada, setidaknya 80 persen yang mengajukan pencairan. Itupun belum seratus persen yang menggunakannya,” sebutnya.

Azan menambahkan, saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas PMD Batanghari, kenapa desa belum menyampaikan permintaan pencairan ke bagian keuangan.

“Koordinasi sudah kita lakukan dengan Dinas PMD, untuk membahas masalah desa yang belum menyampaikan pengajuan pencairan ke BKD,” terangnya.

Secara tekhnis, katanya, penggunaan dana bantuan keuangan provinsi sebesar Rp60 juta untuk masing-masing desa dan kelurahan sama dengan penggunaan dana desa (DD) dari anggaran APBN.

Selanjutnya, bagian keuangan Batanghari wajib mentransfer dari rekening kasda ke rekening biro desa berdasarkan permintaan.

“Apabila dana tersebut sudah masuk ke rekening desa dan tidak dapat digunakan, maka dana tersebut kembali ke silva,” tutupnya. (brata)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *