Moeldoko: HKTI Jambi Diharapkan Bekerja Keras Dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan

Jambi I Kabardaerah.com — Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jenderal TNI (Purn) DR Moeldoko melantik Usman Ermulan sebagai DP HKTI Provinsi Jambi, per ide lima tahun mendatang di Aula Rumdis Gubernur.

Bersama Usman Ermulan, sejumlah kepengurusan HKTI Provinsi Jambi ikut dilantik dan disaksikan sejumlah tamu undangan yang hadir.‎

Ketua Umum DPN HKTI ‎Jenderal TNI (Purn) DR Moeldoko usai melantik mengapresiasi kegiatan yang sangat tertib ini.

“Saya sangat berterimakasi kepada Bapak Gubernur atau yang mewakili yang telah mengakomodasi berlangsungnya kegiatan ini dengan baik,” tuturnya, Jumat malam (12/1/2018).

Menurut Mantan Panglima TNI ini,  hadirnya HKTI harus menjadi solusi bagi para petani bukan menjadi sebagaian dari masalah.

“Jika ada permasalahan di petani, kepengurusan harus bergerak dengan bekerja keras untuk mewujudkan ketahanan pangan yang maksimal. HKTI harus menjadi pemersatu di dalam masyarakat tidak boleh  menjadi ajang permusuhan,” tegas Moeldoko.

Sekda Provinsi Jambi M Dianto, mengatasnamakan Pemerintah Provinsi Jambi  selain megucapakan selamat kepada Ketua HKTI Provinsi Jambi yang terpilih juga menilai HKTI adalah sebuah organisasi sosial yang memiliki karakter dan meningkatkan harkat dan martabat para petani.

Diakuinya, bahwa kebutuhan pokok di Provinsi Jambi masih didatangkan dari luar, seperti cabe merah dan cabe rawit yang didatangkan dari Brebes dan Tegal.

Disamping itu, tambahnya, Kabupaten Tanjabbar dan Tanjabtim hampir 90 persen petaninya tidak ada arel penjemuran gabah padi yang telah dipanen sehingga menyebabkan kerusakan beras setelah digiling.

“Ini harus menjadi atensi bagi kita semua. Nantinya kepengurusan HKTI Provinsi Jambi agar bisa berbuat banyak sehingga para petani mendapatkan hasil panen lebih bagus,” tandasnya.

Sementara Ketua DP HKTI Provinsi Jambi hasil Musprov Drs H Usman Ermulan, MM mengaku berterimakasih atas pelantikan dirinya serta kepengurusan HKTI Provinsi Jambi oleh Ketua Umum DPN HKTI Jenderal (purn) Moeldoko.

“Berdasarkan SK Menkumham RI  bahwa HKTI yang syah sekarang ini, yakni Kepemimpinan Jendral TNI (Purn) Dr Moeldoko,” tukasnya.

Menurut Usman, tidak ada lagi dualisme kepemimpinan DPN HKTI seperti yang lalu, yakni kepemimpinan Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto dan kepeminpinan Osman Sapta Odang.

“Mulai hari ini, kita bertekad bersatu untuk mensejahterakan masyarakat petani. Kita berjuang untuk petani dan mengangkat taraf hidup petani lebih baik lagi,” tegasnya didampingi oleh Sekjen DPN HKTI Mayjen TNI (Purn) Bambang Budi waluyo dan Muhammad Arif Rahman.

Selain sejumlah perwakilan petani dari berbagai daerah di Provinsi Jambi, juga dihadiri Danrem 042/Gapu Kolonel Inf Refrizal, Wakil Bupati Kabupaten Muarajambi Bambang Bayu Suseno dan jajaran Forkopimda Provinsi Jambi. (azhari/budi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *