Zola Resmikan Gedung Museum Juang Legiun Juang Bungo

Bungo I Kabardaerah.com — Gubernur Jambi Zumi Zola didampingi Bupati Bungo Mashuri meresmikan gedung Museum Legiun Juang Bungo disamping Taman Pusparagam, Kecamatan Pasar Muarabungo, Kabupaten Bungo, Rabu (17/1/2018).

Dengan diresmikan gedung museum ini, Zola mengharapkan agar transfer nilai sejarah lintas generasi terus dilakukan, dimana keberadaan gedung menjadi wahana edukasi sejarah, terutama kepada generasi muda.

Menurutnya, Gedung Museum Legiun Juang ini dibangun dari dana APBD Provinsi Jambi dan APBD Kabupaten Bungo.

Tujuannya, yakni untuk dapat meneruskan semangat perjuangan dari para pejuang-pejuang, baik pejuang di Kabupaten Bungo, maupun pejuang di kabupaten/kota se-Provinsi Jambi.

Selanjutnya, Zola juga berharap agar Pemerintah Kabupaten Bungo bisa menjaga dan merawatnya dengan baik, karena peninggalan sejarah ini perlu diperhatikan sepanjang masa.

“Yang jelas harapan kita bangunan Gedung Museum Legiun Pejuang Bungo ini terjaga dengan baik, dan sampai kapan pun. Jika bukan penerus yang saat ini untuk memperhatikannya siapa lagi,” tandasnya.

Disamping itu, Gubernur juga mengingatkan, jangan sampai generasi-generasi muda tidak tahu sejarah Provinsi Jambi dan Kabupaten Bungo, terutama sejarah para pahlawan pejuang Provinsi Jambi.

Dengan dibangunnya gedung Museum Juang di Kabupaten Bungo ini, Zola berpesan kepada Bupati Bungo agar segera bisa dimanfaatkan dengan memasang foto atau barang bersejarah yang ada di Provinsi Jambi.

“Pak bupati menyampaikan, Alhamdulillah nanti akan dipasang foto-foto atau barang bersejarah baik itu tentang Jambi maupun Kabupaten Bungo. Dan juga ada barang bersejarah, ada meriam, ada yang berhubungan dengan Sultan Thaha,” imbuhnya.

Selain itu, Zola menginginkan, dalam pemanfaatan gedung kedepanya agar dibuat jadwal tetap untuk kunjungan dari anak-anak sekolah tingkat TK, SD, SMP, SMA, supaya masuk dalam pelajaran, agar dapat mentransfer dan mengedukasi nilai sejarah Kabupaten Bungo.

“Pemanfaatannya seperti apa? Jangan hanya gedung saja, tetapi juga untuk dapat mentransfer nilai-nilai sejarah Provinsi Jambi dan Kabupaten Bungo kepada generasi muda. Di Jambi juga ada museum, nanti kalau di Bungo kekurangan kita akan bantu,” ungkap Gubernur.

Dengan diresmikan gedung museum ini, dirinya turut bangga dengan masih adanya peninggalan sejarah dari para pejuang dan dirawat semewah yang ada di Kabupaten Bungo.

“Dengan terawatnya museum gedung para pejuang kita, khususnya yang ada di Kabupaten Bungo, artinya kita masih menjunjung tinggi nilai sejarah,” tukas Zola. (tresno)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *