Sherrin Zola Ajak Ibu-ibu Memiliki Pengetahuan Perencanaan Keuangan Keluarga

Jambi I Kabardaerah.com — Ketua TP PKK Provinsi Jambi Hj Sherrin Tharia Zola berharap kegiatan edukasi yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bisa bermanfaat.

Selain itu, bisa sebagai mitra pemerintah dan penggerak pemberdayaan masyarakat dalam menambah wawasan pengetahuan tentang OJK waspada investasi dan perencanaan keuangan.

“Kami menyadari bahwa banyak kaum wanita pada umumnya dan ibu-ibu yang tergabung dalam PPP Kakak Bhayangkari maupun Dekranasda Provinsi Jambi khususnya yang belum memiliki pengetahuan cukup tentang perencanaan atau pengelolaan keuangan,” katanya, Rabu (24/1/2018).

Sementara itu, sambungnya, sebagai ibu rumah tangga dituntut dapat mengolah keuangan rumah tangga agar dapat memenuhi berbagai kebutuhan ekonomi keluarga.

“Sebagai ibu yang bijak kita dituntut agar dapat memilah-milah mana yang merupakan kebutuhan dan mana yang merupakan keinginan. Kita dituntut agar dapat terus menjaga kelangsungan pendidikan anak-anak kita,” ujar Sherrin.

Menurutnya, dalam pengelolaan keuangan juga dituntut harus cermat dan memiliki pengetahuan keterampilan serta keyakinan yang mempengaruhi sikap dan perilaku untuk pengambilan keputusan.

Tidak itu saja, pengelolaan keuangan dalam rangka mencapai kesejahteraan dan cermat dalam memanfaatkan produk keuangan yang ditawarkan oleh industri jasa keuangan.

“Melalui edukasi keuangan ini diharapkan akan dapat memberikan pemahaman mengenai karakteristik manfaat risiko dan kegunaan produk atau layanan jasa keuangan serta pengelolaan keuangan pribadi,” tuturnya.

Dengan demikian perubahan perilaku yang positif dalam mengelola keuangan serta memiliki pemahaman terhadap hak dan kewajiban sebagai konsumen untuk itu edukasi keuangan ini

“Saya rasa sangat diperlukan, karena pemahaman yang dangkal mengenai industri jasa keuangan yang produk-produknya akan menyebabkan mudahnya masyarakat terjebak dalam tawaran investasi ilegal yang banyak beredar di masyarakat,” ungkap Sherrin.

Istri Zola ini juga menjelaskan, bahwa  pengurus anggota PKK Provinsi Jambi, pengurus Bhayangkari serta Dekranasda  Provinsi Jambi mengikuti kegiatan edukasi keuangan yang diselenggarakan oleh jasa keuangan dapat memberikan dampak untuk pengetahuan.

“Ini juga dapat disebarluaskan kepada keluarga tetangga dan masyarakat di sekitarnya sehingga akan mempersempit ruang gerak praktek investasi ilegal,” harap Sherrin. (tresno)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *