Perubahan Nama Puncak Gunung Kerinci Jadi Puncak Gunung Joko Widodo Dinilai Zola Tidak Segampang Itu

Gunung Kerinci (Photo Internet)

Jambi I Kabardaerah.com — Gubernur Jambi Zumi Zola menegaskan untuk merubah nama puncak Gunung Kerinci tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Pasalnya, beberapa waktu lalu ada penolakan oleh masyarakat Jambi terhadap usulan  pergantian nama Gunung Kerinci menjadi Puncak Gunung Joko Widodo, oleh para penggiat pariwisata Sumatera Barat dan sekretariat bersama pendakian Kerinci Solok Selatan.

“Tidak segampang itu, kalau kita membicarakan NKRI tidak bisa itu. Tidak bisa dilakukan sepihak, tidak bisa seperti itu. Pak Presiden akan bijak untuk menyikapi ini,” katanya, Kamis (22/2/2018).

Zola mengakui bahwa Gunung Kerinci memang terbagi menjadi dua wilayah, yakni ada sebagian ada di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi dan sebagian lainnya ada di Kerinci Solok bagian Selatan.

Dari yang didapat, Gunung Kerinci terletak di Provinsi Jambi yang berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat, di Pegunungan Bukit Barisan, dekat pantai barat.

Gunung Kerinci yang memiliki ketinggian 3.805 m (12.484 ft) dan puncak 3.805 m (12.484 ft) ini, terletak sekitar 130 km sebelah selatan Padang.

Selain itu, gunung ini dikelilingi hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat dan merupakan habitat harimau sumatra dan badak sumatra. (ratno)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *