Gubernur Zola Fokus Pelabuhan Muarasabak Ketimbang Ujung Jabung

Tanjabtim I Kabardaerah.com — Pemerintah Provinsi Jambi saat ini lagi serius dalam menggenjot pembangunanan Pelabuhan Samudra Muarasabak, di Kabupaten Tanjungjabung Timur (Tanjabtim), Jambi.

Selain itu, Pemprov Jambi juga menargetkan pembangunan jalan nasional dan jalan provinsi menuju pelabuhan akan rampung pada tahun 2019.

Hal tersebut, diungkapkan oleh Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli, saat berkunjung ke Tanjabtim beberapa waktu lalu. Dia mengatakan pihaknya akan mengutamakan pembangunan pelabuhan Muaradabak dibandingkan Jembatan Ujung Jabung.

“Yang paling memungkinkan itu Pelabuhan Muarasabak, karena arah pembangunan pemerintah pusat itu arahnya kesana. Kita lagi dorong membangun jalan nasional dari Jembatan Aurduri sampai pelabuhan,” ungkapnya.

Selain itu, dari segi anggaran Pelabuhan Muarasabak lebih memungkinkan untuk dibangun dibandingkan Pelabuhan Ujung Jabung, karena jalan menuju Ujung Jabung belum ada.

“Kalau Ujung Jabung, anggarannya menggunakan APBD. Jadi, itu tidak mungkin, begitupun APBN. Kalau fasilitas pendukung mungkin bisa. Setidaknya, sebanyak 4.200 hektar lahan perlu dibebaskan. Dan Ini tergantung pada investor, dan kita terbuka,” sebut Zola.

Gubernur Jambi juga menyebutkan, pihaknya bersama Bupati Tanjungabung Timur tinggal meminta komitmen dari pihak Pelindo yang punya pelabuhan untuk membangun fasilitas pelabuhan.

“Pasalnya, ini bukan kerja dari pemprov dan pemkab saja, namun ada juga kewenangan Pelindo untuk membangun pelabuhan. Tolong dibangun fasilitasnya, seperti kren silahkan dipindahkan,” ungkap Zola.

Sebelumnya, pembangunan Pelabuhan Muarasabak tersebut  juga sempat terkendala akibat adanya pendangkalan Sungai Batanghari menuju lepas pantai, dan Kementrian Perhubungan telah menganggarkan kegiatan normalisasi sepanjang 12 mil.

Penulis: Udin

Editor   : Azhari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *