Zola Panen Ikan di Lokasi Eks Peti

Bungo I Kabardaerah.com — Siapa bilang lokasi eks penambangan emas tanpa ijin (peti) tidak bisa dimanfaatkan. Namun, oleh  warga di Desa Sungai Buluh, Kecamatan Rimbo Tengah, Kabupaten Bungo, Jambi hal itu tidak berlaku.

Buktinya, eks lokasi peti bisa disulap menjadi menjadi lokasi budidaya ikan yang bernilai ekonomis masyarakat setempat.

Atas keberhasilan tersebut, warga setempat mengundang Gubernur Jambi Zumi Zola bersama Bupati Bungo Mashuri, Wakil Bupati Bungo Safrudin Dwi Afriyanto, Dandim 0416/Bute Letkol Inf Wahyu, serta pejabat lainnya melakukan panen perdana.

“Lokasi eks peti bisa berhasil dimanfaatkan untuk budidaya ikan patin, lele, nila, juga mulai ada ikan semah. Saya tidak mengiranya,” kata Zola, saat panen ikan tersebut.

Atas keberhasilan itu, Gubernur mengajak masyarakat Jambi bisa memanfaatkan lokasi eks peti menjadi budidaya ikan guna menunjang perekonomian keluarga dan juga meningkatkan angka konsumsi ikan.

“Jadi contoh bagi daerah lain untuk diikuti, serta mengajak masyarakat gemar makan ikan supaya lebih cerdas, ikan sangat baik bagi perkembangan dan kecerdasan anak,” ungkap Zola.

Guna peningkatan produksi ikan di Kabupaten Bungo, Zola pun telah menyiapkan bantuan satu unit alat pakan ikan di Sungai Buluh Kecamatan Rimbo Tengah.

Tidak itu saja, Gubernur juga memberikan benih ikan bantuan yang telah direncanakan sebesar 200 ribu ekor untuk dibagikan. “Insyaallah panen yang akan datang bisa berhasil dan mencukupi kebutuhan konsumsi ikan di Bungo,” kata Zola.

Sentara itu, Bupati Bungo Mashuri, menyampaikan tingkat konsumsi ikan hanya 35,5 kg per tahun yang seharusnya secara nasional mencapai 43,5 kg per tahun. “Potensi sekitar 70 hektar untuk pengembangan budidaya ikan, Kecamatan Rimbo Tengah sebagai sentra perikanan dan Kecamatan Tanah Tumbuh,” tutur Bupati.

Mashuri menyatakan, selain untuk budidaya ikan, kawasan Sungai Buluh Rimbo Tengah telah dipersiapkan untuk kawasan pariwisata bagi masyarakat di Kabupaten Bungo.

“Mancing di sini, bawa keluarga serta banyak manfaat bagi warga nantinya. Sekarang ini ada jalan lingkar yang sedang dikerjakan dibantu juga oleh pihak TNI,” pungkasnya. (ratno)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *