Dinas Ketenagakerjaan Tanjabtim Tingkatkan SDM

Tanjabtim I Kabardaerah.com — Untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki keterampilan khusus yang siap bekerja, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Tanjungjabung Timur, Jambi mengoptimalkan kegiatan pelatihan yang dilaksanakan UPTD Balai Latihan Kerja (BLK).

Berbagai jenis bidang keahlian diberikan oleh BLK diantaranya, perbengkelan, baik roda dua maupun roda empat, bidang elektronik, menjahit, dan yang terbaru adalah keahlian bidang pariwisata.

Kegiatan ini dibenarkan Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Tanjungjabung Timur, Marion Toni, bahwa pada tahun 2018 ini, pihaknya akan melaksanakan 22 paket kegiatan pelatihan dengan berbagai jenis bidang keterampilan.

“Ada beberapa jenis pelatihan, diantaranya yang terbaru adalah pelatihan keterampilan dibidang pariwisata. Mudah-mudahan dengan adanya pelatihan ini, ada sumber daya kita di Tanjabtim yang terampil dibidang itu,” kata Marion Toni, Selasa (20/3/2018).

Untuk satu paket kegiatan, jelasnya, akan diikuti sebanyak 16 orang peserta. Sementara peserta pelatihan diambil dari rekomendasi dari pihak kecamatan, kelurahan maupun desa.

“Peserta harus ada rekomendasi dari kecamatan atau kelurahan, agar dapat diberikan pelatihan sesuai dengan keinginan kebutuhan di tempatnya,” ujar Kadis.

Peserta akan diberikan pelatihan kurang lebih selama 30 hari, dengan diberikan fasilitas konsumsi dan uang transportasi. “Meskipun itu tidak seberapa, namun bagi orang yang ingin belajar itu kan tidak penting,” cetus Marion Toni.

Sebelumnya, pada tahun 2017 lalu, Dinas Ketenagakerjaan Tanjabtim telah mencetak sekitar 350 orang tenaga kerja yang terampil dibidang tertentu. Para jebolan pelatihan tersebut telah banyak yang berkarir sebagai karyawan di perusahaan, maupun membuka usaha sendiri sesui keterampilan yang diperolehnya.

“Kemarin yang paling dominan adalah bidang perbengkelan,” pungkas Marion Toni.

Penulis: Udin

Editor   : Azhari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *