Minim Anggaran, Dishub Tanjabtim Tunda Bangun Terminal Tipe C

Tanjabtim I Kabardaerah.com — Wacana pembangunan Terminal Tipe C oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Tanjungjabung Timur, Jambi nampaknya bakal terealisasi meski bertahap.

Sebelumnya, beberapa tahun lalu, Dinas Perhubungan Kabupaten Tanjungjabung Timur telah membebaskan lahan yang berlokasi di Kelurah Parit Culum II, Kecamtan Sabak Barat, Kabupaten Tanjungjabung Timur, disanalah rencana terminal akan dibangun. Namun, sejak dibebaskan hingga saat ini lahan tersebut belum termanfaatkan.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tanjungjabung Timur, Yan Rizal, menjelaskan, pihak Dishub telah mengeluarkan dana cukup besar untuk membebaskan lahan tersebut untuk menjadi aset milik Dishub Tanjabtim.

Untuk memanfaatkan aset tanah miliik Dinas Perhubungan tersebut, sambungnya, terlebih dahulu akan dibangun gedung Kir di lahan tersebut.

“Kami menginginkan dapat berfungsinya lahan terminal ini. Makanya tahun ini akan kita bangun gedung Kir telebih dahulu di sana, dengan bertahap nantinya bakal benar-benar menjadi terminal,” katanya.

Pembanguanan gedung Kir tersebut akan dibangun pada tahun 2018 ini dengan menggunakan dana APBD.

Selain itu, pembangunan gedung Kir lokasi tersebut juga nantinya akan membantu pelaksanaan uji kendaraan dapat berjalan dengan baik.

“Selama ini kan, uji Kir kita lakukan di kantor dinas, ini kan susah untuk mobil-mobil PS maupun tronton ke sini karena halaman terbatas. Makanya kita akan bangun gedung Kir disana agar mempermudah, serta jadi cikal bakal terminal karena mobil masuk,” ujar Yan Rizal.

Dia menambahkan, proses pembangunan terminal dilakukan pihaknya secara bertahap, karena terkendala keterbatasan anggaran.

“Saya sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Provinsi maupun pihak Balai, pembangunan terminal kita mangambil standar minimal, kerena minim anggaran. Paling tidak lahan yang sudah termanfaatkan, serta dapat menertibkan mobil-mobil angkutan baik barang maupun travel,” tandas Yan Rizal. (udin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *