Demo di KPU dan Bawaslu Jambi, KOPIPEDE Desak Wujudkan Pilkada BERADAB

Jambi I Kabardaerah.com — Sejumlah warga yang menamakan dirinya Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi (KOPIPEDE) Provinsi Jambi mendatangi KPU dan Bawaslu Provinsi Jambi di kawasan Telanaipura, Kota Jambi.

Selain memberikan dukungan kepada penyelenggara pilkada, mereka juga menuntut agar KPU dan Bawaslu Provinsi Jambi tetap netral dalam menjalankan tugasnya.

Dalam orasinya, Ketua KOPIPEDE Provinsi Jambi Bahrein Nurdin juga mengingatkan dan mendorong para penyelenggara mewujudkan pemilu yang BERADAB (bersatu, aman, damai, dan bermartabat).

“Harus bisa menjaga netralitas penyelenggara untuk tidak memihak. Keberpihakan sebesar-besarnya adalah untuk kepentingan rakyat. Mereka juga harus bisa menjaga integritas dan indpendesi (personal dan lembaga) di tengah arus politik, tekanan dan godaaan dari berbagai pihak,” katanya, Rabu (28/3/2018).

Saat menggelar aksi damai, anggota KOPIPEDE baik wanita dan pria menggunakan baju kaos putih bersih dengan tulisan warna merah pilkada Beradab, No black campaign, no golput dan say no to hoax, intoleransi, dan politisasi SARA.

Selain itu, Nurdin, berharap KPU dan Banwaslu Provinsi Jambi bisa menjunjung tinggi nilai-nilai profesionalisme dalam menjalankan tugas dan bekerja berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan menjunjung tinggi etika dan sumpah jabatan.

“Bagi KPU dan Bawaslu Provinsi untuk lebih intensive melakukan supervisi dan monitoring terhadap KPU dan Panwaslu kabupaten, kota khususnya yang sedang melaksanakan pilkada,” tegas Nurdin.

Dia juga meminta, bila terjadi pelanggaran, segera mengambil tindakan dan melakukan proses hukum seadil-adilnya. Jangan sampai berlarut-larut.

Selain itu, KOPIPEDE juga mengimbau kepada masyarakat luas untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Mari kita wujudkan pilkada dan pemilu di Jambi yang BERADAB dengan mengedepankan asas LUBER-JURDIL.

Ketua Bawaslu Provinsi Jambi Rofiqoh mengaku berterimakasih dan apresiasinya atas aksi damai dari KOPIPEDE Jambi yang selaku mengingatkan. “Kami sebagai penyelenggara pilkada, bukan hanya mengawasi tapi juga diawasi masyarakat,” tuturnya.

Dia juga tidak menginginkan apa yang terjadi di daerah lain bisa terjadi di pilkada Provinsi Jambi. Pihaknya juga tetap komitmen tidak akan melanggar aturan yang ada.

“Apa yang digelar kawan-kawan KOPIPEDE ini menjadi peringatan dini sebagai kode awas kepada kami untuk tetap melaksanakan pilkada yang beradab,” tegas Rofiqoh.

Aksi ini tidak luput dari pengamanan dari sejumlah anggota kepolisian dari Polsek Telanaipura sehingga aksi mereka berjalan damai.

Penulis: Azhari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *