Sekda Dianto Nilai Proses Lelang di Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Lambat

Jambi I Kabardaerah.com — Sekda Provinsi Jambi M Dianto menilai Dinas Pendidikan Provinsi Jambi saat ini sangat lambat dalam mengajukan proses lelang pengerjaan.

Hal ini ditegaskan Dianto saat membuka Bimbingan Teknik Manajemen Resiko Pengadaan Barang dan Jasa di ruang pola Kantor Gubernur Jambi, Rabu (11/4/2018).

Sekda serasa tidak percaya kepada Dinas Pendidikan Provinsi Jambi saat ini, padahal anggaran yang digunakan cukup besar. Ironisnya, tidak satupun proses lelang diajukan.

“Salah satu stafnya menyampaikan ke saya, bila anggaran di Dinas Pendidikan Provinsi Jambi nilainya mencapai Rp393 miliar. Itu angka yang tidak kecil. Anehnya, hingga sampai saat ini tidak satupun mereka mengajukan untuk dilakukan pelelangan,” ujar Dianto

Diakuinya, jika proses lelang sudah dilakukan dan dikerjakan, tentunya multiplayer efek bisa berkembang, “Artinya, apabila satu pengerjaan dilakukan akan ada peredaran uang, baik itu tenaga kerja dan lainnya. Otomatis, bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi khususnya di Jambi dan juga terlihat di nasional,” ungkapnya.

Sekda berharap, diakhir tahun nanti, tidak beramai ramai menyelesaikannya sehingga tidak efektif. “Saya berharap di tahun Ini bakeuda tidak seperti Pasar Angsoduo, sudah selesai di bulan akhir tahun anggaran. Jadi bisa segera mengajukan RUP-nya untuk proses lelang,” tandas Dianto.

Sementara itu, Kepala ULP Evi Syahrul mengakui seluruh dinas Provinsi Jambi telah menayangkan RUP di Sistem Informasi Umum Pengadaan (SIRUP) namun ada sejumlah dinas belum mengajukan Rencana Pelaksanaan Pengadaan (RPP) atau proses lelang.

“Ada 436 paket yang harus kita lelang di tahun 2018, baru 34 persen yang masuk, 151 paket kita jalankan saat ini,” katanya.

Menurutnya, dinas pendidikan telah menayangkan RUP, namun belum mengajukan proses lelang. “Ini bertahap disampaikan oleh PPK, karena yang berhak wewenangnya mengajukan itu adalah PPK dalam bentuk dokumen RPP,” tandasnya Evi. (azhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *