Diskominfo Jambi Sosialisasikan SPSE Versi 4

Jambi I Kabardaerah.com –Dalam rangka pelaksanaan program dan kegiatan dalam perencanaan pembangunan daerah Provinsi Jambi, Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Provinsi Jambi, menggelar bimbingan teknis SPSE Versi 4 terhadap penyedia jasa dan barang diruang Pola kantor Gubernur Jambi, Senin (14/5/2018).

Ketua panitia pelaksana kegiatan bimbingan tehnis penyedia barang dan jasa, Sabriyanto mengatakan kegiatan ini merupakan upaya untuk menghindari kecurangan terhadap penyedia dan pengguna jasa dengan layanan Sistem Pengadaan Sistem Elektronik (SPSE) yang dihadiri oleh pengusaha dengan versi 4.

“Selama ini di Provinsi Jambi masih menggunakan versi 3.6, sedangkan versi 3.6 itu Perpres 16 tahun 2018 itu pada per Juni nanti sudah harus menjadi versi 4,” ungkapnya.

Maka dari itu, sambungnya, untuk menghadapi itu pihaknya mengundang seluruh teman-teman penyedia jasa dengan menghadirkan narasumber yang mengusung tema “Meningkatkan kualitas layanan melalui penguatan aplikasi sistem pengadaan secara elektronik (SPSE) Versi 4”.

“Agar para pengusaha pengadaan barang dan jasa lebih memahami tentang tender dan lelang dengan versi SPSE yang terbaru ini,” imbuhnya.

Menurutnya, perbandingan Versi 3.6 dan versi 4 itu lebih transparan dibandingkan versi 3.6 yang masih sebagianya menggunakan sistem manual, sedangkan di versi 4 tersebut sudah menggunakan by sistem semua.

“Versi 4 ini sudah secara elektronik semua, jadi tidak ada ketemu person to person. Apa bila ada yang kita upload untuk proses administrasi tidak sesuai dengan sistem akan gugur dengan sendirinya,” paparnya.

Dengan diaplikasikannya versi 4 ini menutup peluang antara penyedia, pengusaha dengan Pokja ULP ketemu, tidak ada lagi ketemu person to person.

“Ini langsung secara digital by sistem untuk prosesnya. Jadi semuanya sudah transparan dan keterbukaan secara elektronik,” tukas Sabriyanto.

Sementara itu Kadis Kominfo Provinsi Jambi  Nurachmat Herlambang, mengatakan kegiatan ini  untuk meningkatkan koordinasi dan konsolidasi sumber daya manusia (SDM) khususnya bagi penyedia sekaligus untuk penguatan insfrastruktur terhadap manajemen proses pengadaan dan jasa pemerintah kabupaten/kota Provinsi Jambi.

“Maksud tujuan dari kegiatan ini ialah agar semua stakeholder dan penyedia jasa saling memahami dan saling mendukung proses pengadaan dengan aplikasi versi 4.2 agar lebih cepat, efisien, aman dan juga saling menopang dalam penguatan infrstruktur,” jelas Nurachmat. (Budi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *