Lima Anggota KIP Resmi Dilantik Oleh Plt Gubernur

Jambi I Kabardaerah.com — Plt Gubernur Jambi H Fachrori Umar secara resmi melantik lima anggota Komisioner Komisi Informasi Provinsi Jambi terpilih priode tahun 2018 hingga 2022 diruang Pola Gubernur Jambi, Rabu (23/5/3018).

Lima anggota Komisinoner KIP tersebut yakni Zulkarnain, Budi Alfian, Harianto, Maroli, dan Indra Lesmana dilantik dan disumpah oleh Plt Gubernur yang langsung disaksikan oleh Ketua KIP Pusat Ramanus Endau yang juga dihadiri oleh seluruh OPD dan Petinggi TNI – Polri dijajaran Korem 042 Garuda Putih dan Polda Jambi.

Plt Gubernur Jambi Fachrori Umar mengatakan saat ini telah masuk pada era baru, dimana pola hubungan antara pemerintah dan masyarakat sudah berubah, masyarakat menginginkan transparasi, masyarakat menginginkan keterbukaan informasi, masyarakat menunjukkan hubungan antara pemerintah masyarakat yang interaktif yang dialogis.

“Selain itu, masyarakat juga menghendaki pemerintah yang responsif yang cepat merespon keluhan-keluhan yang disampaikan oleh masyarakat, untuk itu pemerintah disemua tingkat mulai dari pusat sampai dengan daerah harus segera berubah kearah pemerintah yang terbuka,” kata Plt Gubernur Jambi Fachrori Umar.

Fahcrori berharap dengan terbuka informasu tersebut mampu mendorong partisipasi masyarakat untuk terlibat dari proses pengambilan kebijakan publik sampai dengan membuka ruang yang lebar bagi pengawasan oleh publik.

“Hanya dengan mengadopsi prinsip pemerintah terbuka, kita akan bisa membangun legitimasi membangun kepercayaan publik,” ujarnya.

Saat ini, Informasi menjadi sangat penting karena makin terbuka peluang masyarakat dalam mengawasi penyelenggaraan pemerintah di daerah, hak setiap orang untuk memperoleh informasi juga relevan, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan.

“ditengah arus globalisasi informasi perkembangan teknologi yang begitu cepat serta persaingan usaha yang begitu ketat akhir-akhir ini dibutuhkan solusi yang komprehensif, justru disinilah kita harus dapat mengambil peran penting bagaimana mengolah informasi dan komunikasi dengan sentuhan teknologi yang dapat memacu semangat membangun di dalam masyarakat,” katanya.

Plt Gubernur Jambi juga tidak lupa mengucapkan selamat kepada anggota komisi informasi Provinsi Jambi periode tahun 2018 – 2022 yang baru dilantik, dan dirinya berpesan kepada anggota yang baru dilantik jangan sia-siakan amanah yang diberikan tersebut, bekerjalah, terus berkreasi dan bekerja menuju Jambi, Tertib, Unggul, Nyaman, Tangguh, Adil dan Sejahtera di masa depan.

Sementara itu Ketua KIP Pusat Ramanus Endau menjelaskan dengan adanya KIP secara otomatis dapat membantu tugas kepala daerah dalam hal ini Gubernur untuk memonitor setiap SKP.

“Gubernur punya kaki dua, tangan dua, kuping dua. Dengan keterbatasan itu maka KIP dapat menbantu peran seorang kepala daerah,” katanya.

Selain itu dia juga menghimbau kepada masyarakat luas untuk pro aktif membantu fungsi KIP sebagai lembang mengawal keterbukaan informasi untuk menanyakan berbagai informasi disetiap dinas-dinas terkait.

“Masyarakat itu punya hak untuk meminta keterangan, seminsal di PU kenapa jalan masih ada yang rusak, dengan demikian dengan adanya undang-undang keterbukaan informasi pihak PU akan memberikan keterangan,” bebernya. (Budi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *