Plt Gubernur Jambi Dampingi Kapolri Resmikan Polda Jambi Jadi Tipe A

Jambi I Kabardaerah.com — Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi Fachrori Umar menghadiri Upacara Peresmian Peningkatan Tipe Kepolisian Daerah (Polda) Jambi dari Tipe B menjadi Tipe A di Lapangan Mapolda Jambi, Jumat (25/5/2018) sore.

Selain itu juga dihadiri unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jambi, perwakilan bupati/walikota se Provinsi Jambi, para kapolres dan kapolresta se Provinsi Jambi.

Dalam kesempatan tersebut, Fachrori Umar dan Kapolda Jambi Brigjen Pol Muchlis mendampingi penandatanganan prasasti oleh Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.

Dalam amanatnya selaku inspektur upacara, Kapolri menjelaskan bahwa peningkatan tipe Polda Jambi dari tipe B menjadi tipe A dikarenakan dua faktor, yaitu: pertama, penilaian Mabes Polri bahwa dinamika Provinsi Jambi sangat cepat, pertambahan jumlah penduduk yang pesat dan pembangunan yang cepat menjadi faktor yang bisa meningkatkan permasalahan keamanan.

Disamping itu, lanjutnya, banyaknya perusahaan perkebunan dan tambang juga menjadi bagian dari dinamika, yang semuanya potensial menimbulkan gangguan keamanan.

Kapolri juga mengungkapkan, dari segi peta kerawanan keamanan, Provinsi Jambi relatif aman, tetapi potensi gangguan keamanan harus diantisipasi.

Kedua, usulan dan aspirasi masyarakat yang datang ke Mabes Polri dengan tujuan agar pelayanan bidang keamanan dapat menjadi lebih baik, sehingga dengan situasi aman, pemerintah dan seluruh pihak di Provinsi Jambi bisa melaksanakan tugasnya, dan berkreasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Berdasarkan kedua hal tersebut, terang Kapolri, assessment dari MenPAN RB dan Mabes Polri, maka Polda Jambi naik tipe dari tipe B ke tipe A, bersama Polda Kalteng, Kalsel, dan NTB,” tegasnya.

Kapolri mengatakan, konsekuensi dari peningkatan tipe adalah kenaikan eselon untuk para pejabat, Kapolda Jambi naik dari sebelumnya jenderal bintang 1 menjadi jenderal bintang 2, demikian juga Wakapolda dan para direktur naik eselon, dan juga berimplikasi pada jumlah personel Polri di Provinsi Jambi yang secara bertahap akan ditambah, peningkatan pelayanan, termasuk budget (anggaran), disesuaikan dengan ruang fiskal anggaran negara.

“Saya kira bagi masyarakat Jambi ini kebanggan tersendiri, karena Kapoldanya asli orang Jambi,” ujar Kapolri.

Selanjutnya, Kapolri menekankan bahwa kenaikan tipe bukan hanya peningkatan eselon, organisasi dan kelembagaan, jumlah personil, peralatan, dan anggaran, namun lebih pada peningkatan pelayanan publik bidang keamanan, sehingga kondisi keamanan Provinsi Jambi lebih baik dan masyarakat merasa lebih aman.

“Saya menuntut dengan kenaikan ini tidak hanya sekedar peningkatan eselon, tetapi yang paling utama adalah manfaat peningkatan tipe harus bisa dirasakan oleh masyarakat, yakni pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat, keamanan yang lebih baik,” tegas Kapolri.

“Hasil akhirnya bukan pada petugasnya, eselonnya, finalnya masyarakat merasakan pelayanan yang lebih baik, keamanan yang lebih baik,” tambah Kapolri.

Selanjutnya, Kapolri mengajak Plt Gubernur Jambi dan seluruh Forkopimda, TNI, Pemda, dan masyarakat untuk bekerjasama melawan terorisme. (azhari/ratno)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *