Fachrori Berharap Semua Pihak Sukseskan Pilkada Serentak di Provinsi Jambi

Jambi I Kabardaerah.com — Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi Fachrori Umar, meminta semua pihak mendukung suksesnya Pilkada serentak di dua Kabupaten dan satu kota di Provinsi Jambi. Fachrori berharap agar pelaksanaan Pemilukada dapat berjalan dengan aman, tertib, dan jujur.

Pernyataan ini disampaikannya usai pelaksanaan komunikasi via Teleconference dengan Menkopolhukam, Mendagri, Kapolri, Panglima TNI, KPU dan Bawaslu, Senin (25/6/2018) di Mapolda Jambi.

Hadir pada kesempatan tersebut Kapolda Jambi, Brigjen Pol. Muchlis AS, Kasrem 042/Gapu Letkol Inf Harry Sassono Utama, perwakilan Kajati, dan pihak terkait, KPU, Bawaslu.

Fachrori mengharapkan agar seluruh masyarakat dapat memberikan dukungan kepada pilihannya dengan cara yang benar dan tetap mengedepankan rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

”Di Provinsi Jambi ada tiga kabupaten/kota yang akan melaksanakan Pilkada yaitu Kabupaten Merangin, Kota Jambi dan Kabupaten Kerinci, saat ini seluruh pejabat sementara yang bertugas ditiap kabupaten/kota telah kembali ke tempat mereka bertugas sebelumnya. Saya berharap seluruh masyarakat dapat memberikan dukungan kepada calon pilihannya dengan cara yang baik, dan kepada seluruh ASN saya mengharapkan menjaga netralitasnya, dan jika ada perbedaan pilihan jangan sampai hal ini menjadi keributan dan kerusuhan, karena berbeda itu biasa, usai Pilkada kita bersama lagi untuk membangun Provinsi Jambi, dengan demikian kita berharap seluruh rangkaian pelaksanaan Pilkada dapat berjalan dengan aman, tertib dan jujur,” kata Plt Gubernur Jambi.

Sementara itu, Kapolda Jambi, Brigjen Pol Muchlis menyatakan, hingga saat ini suasana persiapan pelaksanaan Pilkada aman terkendali. Namun demikian, pihaknya akan mengerahkan ribuan pasukan untuk mengantisipasi pengamanan pemilu saat pencoblosan. Kapolda mengatakan, pihaknya akan mengerahkan personel per kabupaten. Nantinya pasukan ini akan disebar di seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Dalam pelaksanaan Pemilukada yang akan dilaksanakan dalam beberapa hari ini Pemerintah Provinsi Jambi telah bekerja bersama TNI/POLRI dan penyelenggara Pemilu telah bekerja dan dipersiapkan di lapangan, dalam bidang keamanan telah dipersiapkan di lapangan untuk Polri untuk Polda Jambi keseluruhannya 2.049, dari TNI 805 personel. Dan mulai hari ini kami melakukan deteksi terhadap kemungkinan-kemungkinan terjadinya provokasi, patroli cyber seperti ujaran kebencian, akan kita upayakan minimalisir, berikutnya akan kita laksanakan patroli gabungan di lapangan untuk menyamakan persepsi, dan kita sepakat bahwa pelaksanaan Pemilukada di Jambi akan dilaksanakan secara bersih, aman dan bermartabat,” ujar Kapolda. (azhari/ratno)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *