Fasha Sayangkan Masih Ada Daerah yang Enggan Bangun Kerjasama

Jambi I Kabardaerah.com — Wali Kota Jambi Syarif Fasha, menyayangkan masih ada sejumlah daerah yang enggan membuka diri, bekerja sama dengan daerah lain.

“Kerjasama daerah merupakan hal yang sangat penting. Sesuai dengan amanat undang-undang 23 tentang Pemerintahan Daerah, kerjasama daerah ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan pelayanan publik. Kerjasama daerah juga punya tujuan strategis yang pada prinsipnya saling menguntungkan antar daerah,” tegas Fasha saat membuka Sosialisasi Kerjasama Satu Pintu (One Gate Collaboration), di Ruang Pola Kantor Wali Kota Jambi, Selasa pagi (3/7).

Fasha juga menegaskan pentingnya jalinan kerjasama antar daerah, lembaga diluar pemerintah, maupun negara lain sebagai solusi strategis kemajuan suatu daerah.

Pernyataan Fasha itu bukan tanpa alasan, dirinya mencontohkan Kota Jambi sebagai daerah yang sukses keluar dari keterbatasan karena berhasil membuka diri, menjalin kerjasama dengan berbagai daerah, lembaga bahkan negara lain.

“Diawal memimpin Kota Jambi, saya dihadapkan dengan keterbatasan anggaran pembangunan. Kami harus berpikir keras mencari jalan keluar jika ingin Kota Jambi maju seperti yang kita rasakan saat ini.
Salah satu solusinya adalah dengan memanfaatkan bantuan negara donor diluar negeri. Oleh karena itu kami bergabung dengan beberapa lembaga internasional seperti UCLG ASPAC, ICLEI, UN Habitat, UNESCAP, yang memiliki kerjasama dengan negara donor. Alhamdulillah berkat kesungguhan dan kerja keras, bantuan asing hadir untuk Kota Jambi,” sebut Fasha.

Oleh karenanya ia menyayangkan masih ada daerah yang ragu untuk melaksanakan kerjasama dengan Kota Jambi.

“Kota Jambi punya fasilitas kesehatan, pendidikan, Damkar, sarana kebersihan yang siap kami back-up untuk daerah lain, namun masih ada yang sepertinya ragu bekerjasama dengan Kota Jambi. Yakinlah Kota Jambi tidak akan pernah menuntut untuk perluasan dan pemekaran wilayah. Akan kita bangun dan majukan Kota Jambi dengan luas yang ada saat ini, tidak akan dimekarkan hingga mengambil wilayah daerah lain,” tegas Fasha meyakinkan niat baiknya itu.

Ia juga menyampaikan bahwa Pemkot Jambi selalu ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan bersama daerah lain.

“Pemkot Jambi siap berbagi pengalaman dan knowledge. Siap bekerjasama dan siap maju bersama daerah lain, terutama bagi daerah yang berbatasan, yang memiliki benefit mutual, terutama pada penyediaan layanan publik yang lebih efisien jika dikelola bersama. Tujuan kita pada akhirnya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pelayanan publik, yang berkualitas,” pungkas Fasha. (azhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *