Sudah Sekitar 5 Ha Lahan Masyarakat di Desa Arang-arang Terbakar

Jambi I Kabardaerah.com — Musibah kebakaran lahan di Provinsi Jambi mulai terjadi. Kali ini terjadi di lahan milik masyarakat di Desa Arang-arang RT 01, Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muarojambi, Jambi, Sabtu (28/7/2018). Setidaknya, ada sekitar 5 hektar lahan terbakar.

Menurut Babinsa Arang-Arang Sertu Damanhuri, terbakarnya lahan masyarakat tersebut terjadi dikoordinat
S 01°36.165″, E 103°47.227″ sekitar pukul 13.15 WIB tadi.

Diakui Babinsa, api diketahui berdasarkan informasi dari masyarakat bahwa terjadi kebakaran lahan di kawasan TKP. Selanjutnya, Damanhuri, segera melapor kepada Danramil 415-06/Pijoan.

Agar api tidak terus merembet ke lokasi lainnya, dia memerintahkan anggotanya segera menuju lokasi untuk memadamkan api.

Tidak itu saja, Babinsa juga berkoordinsi dengan Kapolsek Kumpeh Ulu, BPBD Kabupaten Muarojambi dan Dinas instansi terkait untuk membantu memadamkan api.

Dandim 0415/Batanghari Letkol Inf Denny Noviandi kepada media ini, mengakui adanya kebakaran tersebut. “Saat ini anggota Koramil 415-06/Pijoan bersama anggota Polsek Kumpeh Ulu dan masyarakat setempat masih melakukan pemadaman dengan cara manual dan dibantu mesin dari MPA Arang-arang,” ujarnya.

Denny menambahkan, hingga sore ini sudah sekitar 5 hektar lahan masyarakat yang terbakar. “Sekitar 5 hektar lahan yang terbakar. Namun, proses pemadaman api sampai sekarang masih berlangsung,” tandasnya.

Selain itu, Dandim juga mengimbau agar masyarakat tidak membakar lahan sembarangan di saat musim panas seperti saat ini. (azhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *