Usman Ermulan Apresiasi KBB di Jambi

Jambi I Kabardaerah.com — Ratusan etnis Banjar yang tergabung dalam Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) di Provinsi Jambi ikuti Halal Bi Halal yang berlangsung di gedung Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Jambi, dikawasan Broni, Kota Jambi, Sabtu (28/7/2018).

Halal bi halal yang berlangsung akrab dan sederhana itu hadir ditengah keluarga besar KKB Jambi mantan Bupati Tanjabbar dua priode Drs H Usman Ermulan MM beserta Isteri Ir Hj Esrita Usman.

H Hatta Arifin, Ketua KBB Provinsi Jambi dalam sambutannya mengatakan kegiatan halal bi halal ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya guna untuk mengeratkan tali silaturahmi dalam bingkai persaudaraan.

“Halal bi halal ini adalah upaya kita untuk menjaga kerunanan antar etnis Banjar yang ada di Provinsi Jambi,” paparnya.

Diakuinya, KKB tersebar diseluruh Provinsi yang ada di Indonesia, bahkan KKB itu sendiri juga terbentuk diluar negeri, seperti di Malaysia, Singapura bahkan di tanah Arab sana.

Kedepannya, Hatta mengakui upaya untuk lebih meningkatkan dan mengeratkan persaudaraan KBB akan membentuk KBB disetiap kecamatan yang diisi dengan kajian religi secara rutin, seperti yasinan serta siraman rohani lainnya.

“Dengan persatuan Banjar menunjukan kaprahnya dijambi sebagai memiliki leluhurnya,” tambahnya.

Sementara itu, Usman Ermulan yang juga merupakan mantan DPR RI tiga priode itu memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kegiatan KBB di Jambi, dia berharap kegiatan KBB dijambi dapat ditampilkan secara rutin setiap tahunnya.

Apa lagi katanya, etnis Banjar memiliki budaya khas yang unik. Untuk itu dia berpesan kepada etnis Banjar di Jambi untuk terus menyalurkan budayanya di Jambi.

“Kita apresiasi kegiatan ini, apa lagi kegiatan ini sekaligus menampilkan tausiah dan acara kesenian, kita harap kegiatan ini dapat dilangsungkan setiap tahunnya,” paparnya.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jambi, Ujang Hariyadi berharap KBB Jambi juga berperan aktif dalam bidang kesenian dan budaya di Provinsi Jambi.

“Kita mendukung kegiatan ini, sebab Jambi hadir untuk seluruh masyarakat termasuk masaalah kesenian dan budaya, karena selama ini masyarakat banjar juga berperan aktif dibidang kesenian dan kebudayaan di Jambi,” jelasnya.

Untuk memberikan apresiasi tersebut, kedepannya Ujang akan berupaya untuk mengembangkan budaya etnis Banjar di Jambi melalui wadah yang dipasilitasinya itu.

Penulis: Budi Harto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *