Kapolda Jambi Sebut Karhutla di Jambi Didominasi Ulah Tangan Manusia

JAMBI I Kabardaerah.com — Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis AS menilai sejumlah kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Jambi terjadi lebih banyak disebabkan ulah tangan manusia.

“90 persen kejadian karhutla di Provinsi Jambi didominasi ulah tangan manusia,” kata Muchlis, Senin (27/8/2018).

Disamping itu, Kapolda juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran saat berada di lahan perkebunan terutama di lahan gambut.

“Saat ini masih musim kemarau, oleh karena itu dibutuhkan kerjasama semua pihak, baik aparat, kepala desa dan masyarakat untuk bersama-sama mencegah terjadinya kebakaran lahan di wilayahnya masing-masing,” harap Muchlis.

Sebelumnya, Plt Gubernur Jambi menilai, faktor kelalaian manusia merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya karhutla, diantaranya dengan membuang rokok sembarangan dan membuka lahan dengan cara membakar.

Karena itu, Fachrori mengajak semua pihak untuk menghindarkan semua tindakan yang bisa menyebabkan terjadinya karhutla. “Membuang puntung rokok sembarangan dalam kondisi masih menyala sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kebakaran,” tukasnya. (azhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *