Ribuan Peserta Ikuti Tarian Gemu Famire yang Digelar Korem 042/Gapu

JAMBI I Kabardaerah.com — Dalam rangka memperingati rangkaian HUT ke 73 TNI, Korem 042/Garuda Putih Jambi menggelar Tari Gemu Famire dengan peserta terbanyak di lapangan Kantor Gubernur Jambi di kawasan Telanaipura, Kota Jambi, Selasa (4/8/2018).

Kegiatan ini, untuk memecahkan rekor MURI secara nasional di seluruh Indonesia.

Ribuan masyarakat yang hadir dari berbagai elemen secara serentak mengikuti irama lagu tersebut, baik goyang ke kanan atau ke kiri. Meski dipenuhi keringat di tubuhnya, mereka terlihat gembira mengikuti lagu asal Maumere, Provinsi Nusa Tenggara Timur tersebut.

Melihat pesertanya yang membludak, Kasrem 042/Gapu Letkol Arh Harry Sassono Utomo tidak menyangkanya. “Target Korem 042/Gapu awalnya hanya 3.000 peserta. Ternyata melebihi target. Diperkirakan ada sekitar 4.200 peserta,” katanya, Selasa (4/9/2018).

Ribuan peserta yang ikut Tari Gemu Famire ini, sambungnya, terdiri dari anggota TNI, Persit, jajaran Polda Jambi, ormas, pelajar SMA dan masyarakat umum.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk memecahkan rekor MURI secara nasional dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke 73 TNI. Salah satu rangkaiannya, yakni dengan melaksanakan tarian Gemu Famire ini,” ujarnya.

Harry juga menambahkan, tujuan kegiatan ini adalah, tarian ini merupakan kearifan lokal Indonesia. “Jadi TNI ingin mengangkat budaya kearifan lokal yang ada di Indonesia,” ungkapnya.

Selain itu, mantan Dandim 0416/Tanjab mengatakan, bahwa kegiatan ini juga dalam meningkatkan persatuan dan kesatuan semua elemen, baik TNI, Polri dan komponen masyarakat.

“TNI ingin menguatkan sinergitas di semua unsur bangsa demi persatuan dan kesatuan NKRI,” tegas Harry.

Tidak itu saja, dia berharap budaya kearifan lokal dari Jambi suatu saat bisa tampil. “Mungkin budaya di Jambi bisa diangkat juga di forum nasional sehingga lebih dikenal oleh seluruh rakyat Indonesia,” imbuh Harry.

Selesai acara dilanjutkan penyerahan piagam rekor MURI kepada masing-masing perwakilan peserta yang diserahkan langsung oleh Danrem 042/Gapu Kolonel Inf Dany Budiyanto SE yang diwakili oleh Kasrem 042/Gapu Letkol Arh Harry Sassono Utomo.

Acara tersebut juga dikuti Plt Gubernur Jambi Fahrori Umar, Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis. (azhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *