Polda Jambi Gelar Rakor Lintas Sektoral PAM Pemilu 2019

JAMBI I Kabardaerah.com — Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Pengamanan Pemilu Tahun 2019 di Gedung Balai Siginjai Mapolda Jambi dibuka langsung Kapolda Jambi Irjen Pol Drs Muchlis AS, MH, Selasa (18/9/2018).

Dalam sambutannya Kapolda Jambi menyampaikan bahwa bagi penyelenggara (KPU dan Bawaslu/Panwaslu) harus mematuhi Timeline tahapan netral.

Tidak itu saya, sambungnya, kemudian Caleg/Parpol/pendukung siap kalah, berkompetisi dengan sehat Positive Campaign. Kemudian, tukas Kapolda, pihak pemda harus bisa alokasikan anggaran yang cukup dengan dukungan anggaran dan fasilitas PAM Pemilu 2019

“Aparat TNI dan Polri harus solid disemua tingkatan, jaga netralitas, harus bisa identifikasi potensi konflik dan tangani dengan cepat agar tidak meluas,” tegas Muchlis.

Untuk diketahui, rangkaian kegiatan ini diantaranya adalah Pembukaan Rakor oleh Kapolda Jambi dilanjutkan penyampaian materi tentang kebijakan dan strategi Polri dalam pengamanan Pemilu tahun 2019.

Kemudian dilanjutkan, sambutan Gubernur Jambi tentang kebijakan pemerintah Provinsi Jambi terhadap penyelenggara Pemilu 2019, dilanjutkan paparan Karo Ops tentang rencana Polda Jambi dalam kegiatan OMB tahun 2018-2019.

Kemudian lagi, paparan Kabinda tentang perkembangan terbaru situasi wilayah Jambi menjelang pelaksanaan Pemilu 2018-2019 dan paparan Dir Intelkam Polda Jambi tentang perkiraan intelijen khusus dalam pelaksanaan OMB 2018-2019.

Tidak ketinggalan, paparan Danrem 042/Gapu Kolonel Inf Dany Budiyanto tentang sinergi TNI-Polri dalam pengamanan Pemilu 2019, disambung paparan Kajati Jambi tentang sinergitas peranan Gakkumdu dalam mensukseskan Pemilu 2019.

Selanjutnya, paparan ketua KPU Provinsi Jambi tentang Pemilu 2019 diwilayah Jambi dan permasalahan yang terjadi pada tiap tahapan dan pola penanganannya, paparan ketua Bawaslu Provinsi Jambi tentang indeks kerawanan pemilu diwilayah Jambi dan permasalahannya guna antisipasi pelanggaran dalam Pemilu tahun 2019.

Kegiatan juga dilaksanakan dengan diskusi yang kemudian penutupan Rakor oleh Kapolda Jambi.

Dalam rapat ini juga dihadiri Sekda Provinsi Jambi, AsPidum Kejati Jambi, PJU Polda Jambi dan para Kapolres/ta jajaran Polda Jambi dan Para Dandim jajaran Korem 042/Gapu. (azhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *