Angkutan Batubara Melalui Jalur Sungai Dinilai Tidak Efektif

Jambi I Kabardaerah.com — Jalur khusus angkutan batu bara di Kabupaten Batanghari dari Sridadi menuju tempino belum dianggap efektif.

Jalur tersebut masih dipertentangkan oleh masyat, sementara jalur alterlatif angkutan batubara melalui sungai Pemerintah Daerah Jamni menilai tidak efektif.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi M. Dianto mengatakan Pemerintah Provinsi telah menyampaikan potensi aliran sungai batanghari untuk angkutan batubara kepada pihak Kementerian, dan pihak Kementerian telah melakukan survei ke sungai batanghari.

“Karena sidementasi sungai batanghari sangat tinggi, kalau dilakukan pengerukan dari hulu ke hilir tidak mungkin karena panjang sekali. Dan kalau aktivitas dihulu sungai masih tinggi, kekhawatiran kita mengeruk aliran sungai Batanghari tidak memungkinkan,” Kata Sekda, Rabu (17/10/18).

Saat ini, Imbuh Sekda, angkutan batubara melalui darat dinilai sudah banyak yang mengikuti aturan jam operasional.

“Yang tidak tertip dibawah 20 persen, 80 persennya tertib,” kata Sekda

Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya parkir kendaraan truk angkutan batubara disiang hari, terutama dikawasan Bulian, kabupaten Batanghari.

“Mereka menunggu jam operasionalnya. Kalau diberikan sosiasliasi dan arahan dari pihak berwajib, saya berkeyakinan mereka akan mememuhi aturan yang telah ditentukan,” pungkasnya.

Penulis: Muhammad Ibrahim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *