Universitas Jambi Sukses Gelar Bimbingan Teknis Dengan DPRD Tanjabtim

JAMBI I Kabardaerah.com – Bertempat di Swiss Bel Hotel, Kota Jambi, Universitas Jambi melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Tanjungjabung Timur, Jambi, Rabu (17/10/2018).

Dengan mengusung tema “Optimalisasi Peran DPRD Dalam Perencanaan dan Evaluasi Kinerja Pemerintah Daerah” Pimpinan dan Para Anggota DPRD Kabupaten Tanjungjabung Timur akan mengikuti bimtek mulai tanggal 16 hingga 19 Oktober 2018.

Rektor Universitas Jambi Prof. H. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph.D saat menjadi pemateri pertama dan sekaligus membuka acara bimtek ini mengharapkan agar kegiatan (bimtek) ini dapat meningkatkan kinerja pimpinan dan anggota DPRD khususnya dalam menjalankan fungsi dari anggota DPRD yaitu legislasi (legislation), pengawasan (controling), dan anggaran (budgeting).

“Saya berharap agar anggota DPRD sebisa mungkin menjauhi perilaku tindak pidana korupsi yang baru-baru ini menjerat beberapa anggota DPRD dibeberapa daerah di Indonesia,” tegas Johni.

Sementara pemateri kedua Dr. Drs. Thomas Umbu Pati TB, M.Si, seorang praktisi staf ahli otonomi khusus papua dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, memaparkan materi tentang Penyusunan Pokok-pokok Pikiran DPRD Berdasarkan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017.

Dalam materinya, beliau mengingatkan kepada anggota dewan agar memanfaatkan waktu reses untuk dapat optimal dalam menghimpun aspirasi dari masyarakat khususnya di masing-masing dapil.

Acara dilanjutkan esok hari (18 Oktober 2018) dan akan diisi 2 pemateri, yaitu materi pertama akan diisi oleh H. Iskandar Nasution (Tata Cara Penyusunan Rekomendasi DPRD terhadap LKPJ Pemerintahan Daerah) dan materi kedua akan diisi oleh Mochammad Farisi, S.H., LL.M (public speaking).

Rangkaian bimbingan teknis ini akan diakhiri dengan closing ceremony yang dipandu oleh panitia yang merupakan Mahasiswa dan Dosen dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jambi. (citra/aris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *