Luar Biasa, Warga SAD ini Hafiz Alquran

JAMBI I Kabardaerah.com — Siapa yang mengira, bila pemuda dari warga suku anak dalam (SAD) dari kawasan Bukit 12, Kabupaten Batanghari, Jambi ini bisa menjadi hafiz Alquran.

Tapi itulah kenyataannya, saat membaca alunan firman Allah SWT pada acara doa selamat penempatan Pasar Angsoduo Baru di kawasan Pasar, Kota Jambi, Rabu kemarin, suara Abdullah membius semua undangan yang hadir.

Kyai Abdul Aziz, pembimbing Abdullah di Pondok Pesantren Tahfizul Ulum, Sungai Gelam, Kabupaten Muarojambi, Jambi merasa bersyukur ada calon hafiz Alquran dari warga SAD.

Pasalnya, menurut dia, lidah mereka tidak pernah membaca Alquran. “Alhamdulillah, Abdullah ini sebagai pemula sudah bisa menghapal Alquran sebanyak 5 juz. Awalnya, 3 juz selama 3 bulan,” ungkapnya, Kamis (25/10/2018).

Kyai Abdul, berharap dalam waktu 4 tahun sudah bisa hafal Alquran semua dan mengerti isi yang terkandung di dalamnya.

“Ini salah satu pondasi awal SAD, karena mereka punya hak sama dalam pendidikkan,” ujarnya.

Abdullah yang memiliki nama SAD, yakni Gulam mengaku senang belajar mengaji dan menghapal Alquran. Dia juga beruntung bisa ketemu jamaah Tabligh saat berada di kawasannya di Bukit 12.

“Saya anak yatim, sekarang tinggal ibu saya yang masih berada di rimba. Saya juga baru masuk Islam sejak 4 tahun lalu,” katanya singkat.

Menurut Akhsan, salah satu pembimbing Abdullah mengaku butuh proses untuk warga SAD busa menjadi hafiz Alquran. “Tapi ini suatu yang luar biasa, Abdullah bisa menghapal Alquran,” imbuhnya.

Padahal, tuturnya, untuk mereka bertahan duduk atau berlama-lama dalam suatu majelis tidak bisa berlangsung lama.

“Tapi Alhamdulillah, Abdullah ini termasuk warga rimba yang betah bertahan duduk mengaji dan untuk menimba ilmu serta belajar Alquran,” papar Akhsan.

Dia berharap, Abdullah ini bisa menamatkan sisa bacaannya dan menjadi hafiz Alquran 30 juz. “Nantinya, dia bisa menjadi guru bagi saudaranya di rimba sana,” tukas Akhsan.

Sedangkan salah seorang warga, Nurjatmiko mengaku hampir tidak percaya bila ada warga SAD di Jambi yang sudah hafiz Alquran.

“Semoga mendapatkan berkah dari Allah SWT dan tetap istiqomah dalam beribadah dan ada warga SAD lainnya yang bisa hafiz Alquran,” harapnya. (azhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *