Kepala BNNP Jambi Ajak Pemuda Jambi Sehat Bersepeda

JAMBI I Kabardaerah.com — Kepala BNN Provinsi Jambi Brigjen Pol Heru Pranoto menggelar sepeda sehat dengan tema “Gowes Pemuda Bersinar #BersihNarkoba” di kawasan Citra Raya City, Mendalo, Kabupaten Muarojambi, Jambi, Minggu (28/10/2018)

Ribuan peserta dari berbagai komunitas bersepeda di Jambi ikut serta dalam memeriahkan salah satu cara dalam pencegahan narkoba di Provinsi Jambi.

Menurut Kepala BNN Provinsi Jambi Brigjen Pol Heru Pranoto, bahwa pihak BNNP Jambi hanya mensuprot karena kegiatan yang juga dalam rangka HUT ke 8 Lotus MTB Jambi ini dianggap sangat positif.

Disamping itu, dia berharap kedepannya muncul komunitas-komunitas lainnya, tidak harus bersepeda saja, olah raga lainnya juga harus dikembangkan.

“Intinya BNN mengajak masyarakat untuk pola hidup sehat dan gaya hidup sehat. Pola ini yang akan kita budayakan kepada masyarakat sehingga masyarakat bisa membentengi dirinya terhadap pengaruh-pengaruh negatif penyalahgunaan narkoba,” harap Heru.

Apabila masyarakat sudah mengetahui pentingnnya pola hidup sehat, sambungnya, maka masyarakat tidak gampang tersusupi dan terpengaruh oleh penyalahgunaan narkoba di sekitarnya.

“Dengan adanya kegiatan ini, mereka sepakat untuk menolak dan melawan terhadap penyalahgunaan narkoba,” tegasnya.

Heru juga yakin, bila banyak pemuda dan komunitas apa saja bersatu maka mereka dengan sendirinya akan menolak terhadap penyalahgunaan narkoba, baik untuk dirinya, teman terlebih bagi keluarganya.

Diakuinya, berdasarkan penelitian UI dan BBN, saat ini di Jambi mendapatkan peringkat ke 4 penyalahgunaan narkoba di Indonesia.

“Untuk itu, kiita berusaha menghilangkan rangking keempat penyalahginaan narkoba, dengan mengajak seluruh pemuda di Jambi. Bahkan, kalau perlu sampai peringkatnya tidak ada alias zero,” tandas Heru.

Selain itu, pihaknya juga mendukung adanya Inpres No 6 tahun 2018 ini, pemerintah mengamanatkan dan memerintahkan dimana Presiden untuk membuat rencana aksi nasional.

“Nah… Salah satu implementasinya adalah seperti in. Kita membuat kegiatan ini dalam rangka sosialiasi untuk memahami tentang bahayanya narkoba,” imbuhnya.

Untuk pesertanya, ungkap Heru, ada lebih dari 1000 terdiri dari semua komponen masyarakat yang hobi sepeda, dari TNI, Polri, pengusaha dan masyarakat lainnya baik pria atau wanita dan yang muda serta yang tua.

“Untuk jarak tempuh, sekitar 20 kilometer lah. Masih dalam seputar Kabupaten Muarojambi,” tukas Heru.

Salah satu peserta, Nova mengaku senang dengan kegiatan ini. Baginya sehat adalah nomor satu. “Narkoba itu sangat merusak, karena itu kita harus tetap menjalani pola hidup sehat. Kalau generasi muda sehat, bangsa akan kuat,” tegas warga Kota Jambi ini. (azhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *