Tiga Daerah di Jambi ini Terancam Banjir dan Longsor

JAMBI I Kabardaerah.com — Memasuki musim penghujan di akhir tahun 2018 ini, ancaman bencana banjir dan longsor perlu diwaspadai. Pasalnya, menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi Bachyuni Deliansyah, saat ini ada tiga daerah yang telah berstatus siaga bencana banjir dan longsor di Provinsi Jambi.

“Status naik menjadi siaga banjir dan longsor di Provinsi Jambi ada tiga daerah, seperti Kabupaten Bungo, Kerinci dan Kota Sungai Penuh,” katanya, Selasa (13/11/2018).

Menurutnya, ini akan terus berlangsung karena luapan air dari Kabupaten Bungo akan turun terus ke Tebo, ke Sarolangun, Batanghari, Muarojambi dan ke Kota Jambi,” imbuh Bachyuni.

Dia juga menilai, sepanjang aliran Sungai Batanghari selama musim penghujan seperti ini akan rawan terjadi banjir dan tanah longsor.

“Sepanjang aliran sungai Batanghari itu rawan banjir dan longsor, apalagi saat ini intensitas hujan sekarang bukan ringan ke sedang tapi sedang ke lebat. Ini posisi yang berbahaya,” tegasnya.

Diakuinya, saat ini pihaknya juga telah mendirikan posko untuk bencana banjir dan longsor di depan Kantor BPBD Provinsi Jambi.

“Selain itu posko tersebut juga telah didirikan di daerah yang telah menaikan status menjadi siaga bencana banjir dan longsor, termasuk juga yang sudah melakukan kesiapsiagaan,” ungkap Bachyuni.

Personel pun sudah disiapkan. Saat ini, pihak BPBD telah mengerahkan sekitar tiga regu tim TRC dan masing-masing regu terdiri dari 7 orang.

“Didalam regu itu, ada yang bisa menggunakan kendaraan ampibi, mobil dan motor. Itu akan kita geser apabila kebutuhan mendesak dimasing-masing kabupaten,” pungkasnya. (azhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *