Usman Ermulan: Disbun Harus Turun Tangan Mengatasi Masalah Harga Karet Petani

Jambi I Kabardaerah.com — Semenjak beberapa tahun terakhir hingga saat ini harga komoditi andalan masyarakat Jambi dari sektor komoditas karet belum menggairahkan bagi petani karet di Jambi.

Hal itu mendapat tanggapan serius dari tokoh Masyarakat Jambi yaitu Usman Ermulan. Dia meminta pihak terkait, seperti dinas perkebunan harus bekerja keras dan jangan hanya berdiam diri di kantor saja.

“Dinas perkebunan jangan dikantor saja, namun harus turun kelapangan untuk sosiasliasi kepada masyarakat agar mendapatkan hasil karet dengan mutu yang baik,” katanya, Minggu (18/11/2018).

Mantan Bupati Tanjabbar dua priode ini meminta Disbun harus turun kelapangan langsung memberikan pemahaman kepada petani karet, khususnya untuk menghasilkan karet yang berkualitas baik, dan memberikan tips bagaimana cara pengolahan karet yang baik, dalam mendapatkan Kadar Karet Kering, bukan hanya sekedar anjuran atau saran saja.

“Itulah gunanya Disbun, jadi tidak hanya anjuran saja, mereka harus turun langsung memberikan tips kepada Petani, bahkan jangan ditingkat Provinsi saja namun juga ditingkat Kabupaten, di Dinas Perkebunan Kabupaten,” harapnya.

Hal tersebut dilakukan agar Disbun Kabupaten yang ada dalam Provinsi Jambi menugaskan petugas untuk membina masing-masing UPPB, dan dapat menghasilkan karet yang berkualitas bagus.

Begitupun juga dikatakan oleh Mantan DPR RI ini, untuk mendapatkan harga yang tinggi, petani juga bisa langsung menjual hasil karetnya ke Pabrik, namun harus ada rekomendasi dari dinas terkait.

“Kalau ini harus Back Up oleh pemerintah, tidak bisa dilepaskan, harus difasilitasi sekurang-kurangnya UPP yang mau masuk ke Pabrik terdaftar di Dinas Perkebunan, dan hasilnya sudah dijamin oleh dinas Perkebunan,” Pungkasnya.

Penulis: Budi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *