Mashuri Minta TP PKK Manfaatkan Pekarangan Rumah

Merangin I Kabardaerah.com — Upaya meningkatkan ketahanan pangan, Wakil Bupati Kabupaten Merangin H Mashuri meminta kepada para tim penggerak PKK di Kabupaten Merangin agar bisa memanfaatkan perkarangan rumah.

Karena diakuinya, kondisi pekarangan rumah selama ini terkesan menjadi lahan tidur yang tidak dimanfaatkan keberadaanya, padahal katanya jika perkarangan rumah dimanfaakan beraneka tanaman dapat tumbuh.

“Perkarangan rumah bisa ditanami beraneka jenis tanaman yang bisa menunjang ketahanan pangan keluarga. Tidak hanya sayur-sayuran dan buah-buahan, tapi juga bisa ditanami beragam tanaman obat-obatan,” ujarnya saat menghadiri acara PKK, di Rumah Dinas Bupati Merangin, Rabu (12/12/2018).

Diakuinya, ditengah kondisi komoditas harga sawit dan karet yang semakin anjlok, dia meminta masyarakat harus dapat memanfaatkan perkarangan rumah dengan tanaman kebutuhan keluarga, seperti menanam cabai dan sayur-sayuran.

“Ini sudah cukup bisa menolong karena tidak perlu lagi beli cabai di pasar. Begitu juga dengan tanaman sayur-sayuran, kolam ikan dan ternak ayam,” imbuhnya.

Selain itu menurut Mashuri, pemanfaatan lingkungan rumah itu sebagai upaya  memenuhi kebutuhan gizi keluarga secara mandiri, seperti mengonsumsi ikan dan sayuran yang dihasilkan sendiri.

Acara yang dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Merangin Hj Hesti Haris dan Wakil Ketua TP PKK Merangin Hj Nuraida Mashuri tersebut, Dia juga minta para ibu-ibu terus mengawasi aktivitas anak-anaknya.

“Sekarang ini bahaya pengaruh narkoba terus menyerang berbagai kalangan, termasuk anak-anak. Untuk itu para ibu-ibu PKK terus mengawasi aktivitas anak-anaknya,” tegasnya.

Untuk mencegah pengaruh narkoba itu, anak-anak diminta rajin mengikuti berbagai kegiatan agama, sehingga akhlaknya meningkat. Hal ini pada akhirnya akan menciptakan generasi muda yang beraklakul khorimah.

Penulis: Helmi
Editor  : Budi Harto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *