Tim Fisipol UNJA Sosialisasi Pola Kerjasama Pemerintah Desa di Sarolangun

JAMBI I Kabardaerah.com — Tim Pengabdian Fisipol UNJA bekerja sama dengan Kecamatan Pelawan, Kabupaten Sarolangun, Jambi melakukan sosialisasi pola kerjasama pemerintahan desa dalam pembangunan.
 
Tim pengabdian terdiri dari Prodi Ilmu Politik dan Prodi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Jambi (UNJA) yang diketuai oleh A Zarkasi, SH., MH, beranggotakan Firmansyah Putra, SH., MH dan Dimas Rizal, S.Sos., M.Si dan beberapa mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang turut dilibatkan dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat (PPM) di Kecamatan Pelawan Kabupaten Sarolangun. 
 
Menurut Zarkasih, dengan menggandeng Camat Pelawan Kabupaten Sarolangun, tim pengabdian Fisipol Unja melakukan sosialisasi tentang “Pola Kerjasama Pemerintahan Desa Dalam Pembangunan” di Kecamatan Pelawan Kabupaten Sarolangun bertempat di Aula Kantor Camat Pelawan lalu.
 
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, katanya, dihadiri oleh 50 peserta, terdiri dari seluruh kepala desa dari kecamatan pelawan, Sekretaris Desa, serta Perangkat Desa lainnya. 
 
Poin penting dalam kegiatan pengabdian ini, yaitu upaya peningkatan kerjasama antara Pemerintahan Desa dan Masyarakat Dalam Pembangunan, maka perlunya himbauan agar dapat bersinergi dan bekerjasama dengan baik antar pihak, tokoh diberbagai elemen masyarakat, pemuda pemudi dan lembaga adat sebagai penggerak agar pembangunan desa bisa meningkat. 
 
Dia menambahkan, selain itu tolok ukur suksesnya pembangunan desa adalah dilihat dari tingkat penyerapan anggaran dana desa. Peran serta semua unsur masyarakat sangat penting dalam upaya peningkatan penyerapan anggaran, baik itu secara langsung maupun tidak langsung dalam pembangunan desa.
 
“Oleh sebab itu pola kerjasama antara pemerintahan desa dan semua unsur masyarakat harus terjaga dengan baik sehingga pembangunan desa bisa maksimal,” tegas Zarkasi.
(aris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *