Buka Musrenbang, Gubernur Sampaikan Lima Prioritas Pembangunan Daerah

BUNGO I Kabardaerah.com — Gubernur Jambi Fachrori Umar membuka secara langsung Musyawarah Perencaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Provinsi Jambi tahun 2020 di salah satu Hotel di Kabupaten Bungo, Kamis (28/3/2019).

Dalam sambutannya, Fachrori mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dan penghargaan yang tinggi kepada Pemerintah Kabupaten Bungo, yang telah bersedia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Musrenbang RKPD tahun 2020 Tingkat Provinsi Jambi.

“Saya ucapkan terima kasih dan bangga atas koordinasi serta kerjasama selama ini antara Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Kabupaten/kota dapat berjalan dengan baik dan lancar,” kata Fachrori.

Lanjut Gubernur, dalam isu strategis dan prioritas yang digariskan di dalam RPJMD Provinsi Jambi Tahun 2016 – 2021 serta memperhatikan keselarasan tema dan prioritas RKP Nasional Tahun 2020 maka tema “RKPD Provinsi Jambi Tahun 2020 adalah Peningkatan daya saing Sumber daya Manusia dan Produk Unggulan Daerah”.

Untuk mengimplementasi dari tema RKPD tersebut dituangkan ke dalam lima prioritas pembangunan daerah yaitu:

Pertama, peningkatan kualitas sumber daya manusia. Kedua, peningkatan nilai tambah ekonomi. Ketiga, peningkatan konektivitas dan sarana prasarana wilayah. Keempat, pemantapan ketahanan pangan, serta pengelolaan energy dan sumber daya alam berkelanjutan. Kelima, penguatan tata kelola pemerintahan dan stabilitas Tibumtranmas.

Fachrori menjelaskan Prioritas pembangunan pertama diarahkan untuk meningkatkan pemerataan layanan pendidikan menengah dan luar biasa, meningkatkan pemerataan pelayanan kesehatan dan gizi masyarakat, mendorong pembangunan gender dan meningkatkan daya saing tenaga kerja.

Prioritas pembangunan yang kedua diarahkan untuk meningkatkan nilai tambah pertanian melalui peningkatan produktifitas dan kualitas serta kelembagaan sarana prasarana, peningkatan nilai tambah industri pengolahan, meningkatkan nilai tambah jasa produktif dan menumbuh kembangkan riset teknologi untuk komoditas unggulan.

“Perioritas kedua ini juga akan didorong berkembangnya industri kreatif, baik untuk menghasilkan barang maupun jasa. Pengembangan industri kreatif ini akan sejalan dengan upaya kita untuk terus membangun sektor pariwisata,” kata Fachrori.

Prioritas pembangunan yang ketiga diarahkan untuk penguatan konektifitas dan jaringan logistik daerah yang mendukung sektor unggulan, memperluas akses terhadap sanitasi layak dan meningkatkan rasio elektrifikasi.

Prioritas pembangunan keempat diarahkan untuk meningkatkan penggunaan teknologi untuk peningkatan produksi pertanian dan peternakan serta perikanan, meningkatkan distribusi dan stabilisasi harga pangan dalam rangka memperkuat akses pangan masyarakat, meningkatkan peranan energy terbarukan dalam energy bauran dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup.

Dan Prioritas pembangunan terakhir diarahkan untuk meningkatkan tata kelola layanan publik, meningkatkan akuntabilitas, meningkatkan kemampuan ASN dan meningkatkan ketenteraman umum dan ketertiban masyarakat.

“Pemerintah Provinsi Jambi berkomitmen untuk terus melakukan pembenahan dalam hal kepatuhan terhadap standar pelayanan publik,” katanya.

Dalam kesempatan ini, Fachrori mengintruksikan kepada para Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi untuk lebih intensif dalam berkoordinasi Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi dalam membangun perencanaan secara lebih baik dan saling bersinergis, saling berkaitan, memiliki daya ungkit, serta memiliki indikator yang jelas dan terukur.

(ratno)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *