Masuk TNI AD, Warga SAD ini Lulus Catam

JAMBI.KABARDAERAH.COM — Setelah melakukan seleksi penerimaan calon TNI, satu dari dua warga suku anak dalam (SAD) Jambi dinyatakan lulus mengikuti pendidikan calon Tamtama (catam) dan akan menjalani pendidikan di Dodik Secata Rindam II/Sriwijaya Lahat, Sumatera Selatan.

Kepala Penerangan Korem 042/Garuda Putih Mayor Inf Firdaus, mengatakan dari 122 orang termasuk 2 orang warga SAD yang kita kirim mengikuti seleksi tingkat Pusat Penerimaan Calon Tamtama (Cata) Prajurit Karier (PK) TNI AD Gelombang – I TA 2019 Subpanpus Kodam II/Swj, sebanyak 49 orang dinyatakan lulus.

“Sementara, dari dua orang SAD yang ikuti tes, hanya 1 orang pemuda SAD yang bernama Rakel Mahessuara Putra dinyatakan lulus dan mengikuti pendidikan di Dodik Secata Rindam II/Sriwijaya yang telah dibuka oleh Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan,” ungkapnya, Selasa (23/4/2019).

Diakui Kapenrem, rekan Rakel yang ikut pendidikan TNI, yakni Triono untuk sementara waktu tidak dapat meneruskan cita-citanya menjadi anggota TNI. “Triono gagal pada tes kesehatan,” katanya singkat.

Menurutnya, para pemuda yang mengikuti pendidikan ini merupakan pemuda terbaik dari Propinsi Jambi yang sudah melewati seleksi menjadi calon-calon Tamtama TNI AD.

“Mereka ini telah melewati seluruh tahapan pemeriksaan awal, yang sangat ketat dan teliti, meliputi aspek administrasi, kesehatan, jasmani dan mental ideologi, yang dilaksanakan secara obyektif dan transparan,” tutur Firdaus.

Dia menambahkan, proses penerimaan prajurit senantiasa dilaksanakan secara transparan serta objektif, sesuai standar dan norma yang telah ditentukan. “Hanya calon yang berkualitas, memenuhi persyaratan dan terbaiklah yang layak lulus mengikuti Pendidikan.”

Para calon Tamtama yang telah dinyatakan lulus pada Sidang Pemilihan Tingkat Pusat atau Sidang Panitia Penentuan Akhir (Pantukhir) ini selanjutnya akan mengikuti pendidikan di Secata Rindam II/Swj selama 5 bulan, mulai tanggal 22 April 2019 kemaren hingga 7 September 2019 mendatang.

“Pendidikan Cata PK TNI AD Gelombang I TA 2019 ini, merupakan salah satu Program Kerja TNI AD, dalam rangka penyediaan personel Tamtama guna memenuhi kebutuhan organisasi TNI AD,” ujar Firdaus.

Ia berharap, kepada para pemuda dan pemudi Jambi untuk bergabung bersama TNI AD dalam mengabdi kepada negara.

(azhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *