Diguyur Hujan Semalaman Ratusan Rumah di Merangin Terendam Banjir

 

JAMBI.KABARDAERAH.COM – Tingginya intensitas hujan yang mengguyuri wilayah Tabir Barat, membuat Desa Muaro Kibul Barat, Kabupaten Merangin, Jambi terendam air setinggi lutut orang dewasa pada Selasa (23/04/2019) malam.

Hal itu ditenggarai meluapnya debit air Sungai Batang Tabir yang melintasi beberapa desa di Kecamatan Tabir Ulu dan Kecamatan Tabir Barat di dalam Kabupaten Merangin, Jambi.

Menurut Danramil desa setempat peristiwa itu tidak ada menelan korban jiwa. Namun, dia memastikan hampir seluruh rumah yang berada di pinggir sungai Batang Tabir rata-rata terendam air dengan ketinggian kurang lebih 50 cm hingga 1 meter.

“Desa yang terendam banjir yaitu Desa Muara Kibul ada sekitar 50 buah rumah, Desa Baru Kibul ada sekitar 65 buah rumah, Desa Pulau Terbak 40 rumah, Desa Tanjung Beringin 35 rumah, Desa Tanjung Putus 40 rumah yang terendam,” ujar Danramil 420-08 Tabir Kapten Inf Suhari.

Pada Pukul 06.00 WIB Selasa (24/4/2018) pagi, kondisi air di Kecamatan Tabir Barat dan sekitarnya sudah terlihat normal dan aktifitas warga sudah kembali normal.

Suhari menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada bila banjir kiriman terjadi, terutama di daerah hilir sungai Batang Tabir.

Kepada Babinsa diwilayah itu, Suhari meminta untuk selalu memonitoring perkembangan situasi dan kondisi serta membantu warga yang terkena dampak banjir.

Sementara itu Dandim 0420/Sarko Letkol Kav Rohyat Happy Ariyanto,S.Sos.,M.M menginstruksikan kepada Danramil untuk berkoordinasi dengan pihak terkait dalam penanganan banjir itu.

“Danramil agar berkoordinasi dengan dinas terkait seperti Camat, BPBD dan aparat desa agar selalu siap siaga untuk mengantisipasi bila kemungkinan terjadi luapan sungai yang bisa mengakibatkan banjir kembali,” himbaunya.

Reporter: Helmi
Editor     : Budi Harto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *