H – 1 Ramadhan Harga Daging Dan Ikan Di Merangin Masih Stabil

 

JAMBI.KABARDAERAH.COM — H – 1 menjelang bulan suci Ramadan 1440 H, harga daging dan ikan relatif stabil. Pantauan awak media di Pasar Baru Bangko, Kabupaten Merangin, Jambi, Minggu siang (5/5/2019) harga daging ayam ras dan ikan laut relatif stabil tidak ada kenaikan yang signifikan bila dibandingkan hari-hari sebelumnya.

Menurut penuturan beberapa pedagang saat berbincang dengan awak media menyampaikan yang mengalami kenaikan harga yaitu daging ayam kampung dan daging sapi.

Untuk daging ayam kampung dan sapi ada kenaikan Rp.10 ribu/kg, dimana daging ayam kampung dijual Rp.60 ribu/kg yang sebelumnya harganya Ro. 50 ribu/kg. Sedangkan daging sapi dijual Rp. 140 ribu/kg yang sebelumnya dijual Rp. 130 ribu/kg.

“menjelang puasa harga daging sapi naik Rp.10 ribu/kg. Pasokan daging masih stabil hanya omzet penjualan ada penurunan tidak seramai seperti tahun sebelumnya, “jelas Jon (42).

Sementara menurut penuturan pedagang ayam ras, Idal (45) meskipun harga ayam ras stabil tidak ada kenaikan, jual beli sepi tidak seperti menjelang bulan puasa seperti tahun sebelumnya, dimana harga daging ayam ras dijual Rp. 35 ribu/kg, namun jual beli tidak ramai.

“Sampai jam 11.00 WIB, stock ayam masih banyak. Pembeli sepi tidak seperti menjelang hari puasa seperti tahun lalu. Mungkin masyarakat banyak motong sendiri dirumah,” ujar uni Idal.

Penuturan yang sama disampaikan salah satu pedagang ikan laut Mardison (39) menyampaikan untuk jual beli menjelang puasa, masih sepi belum ada kenaikan yang berarti.

Untuk harga ikan laut masih stabil, yaitu ikan Serai harganya Rp 30 ribu/kg, Ikan Tongkol Rp. 30 ribu/kg, Ikan Gembung Rp 45 ribu/kg, ikan Tuna bagian daging Rp. 60 ribu/kg dan ikan Tuna bagian kepala Rp. 45 ribu/kg.

“Kepada Pemerintah Daerah dan instansi terkait untuk bisa membantu para pedagang agar harga daging dan ikan bisa stabil tidak ada lonjakan harga saat bulan puasa sampai hari raya idul fitri. Untuk pasokan agar terus ada, sehingga ada peningkatan daya beli masyarakat,” harap pedagang.

Reporter: Helmi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *