Gubernur Jambi Apresiasi Polda Jambi, Negara Tidak Boleh Kalah Terhadap Aksi Kriminal dan Premanisme

JAMBI.KABARDAERAH.COM — Gubernur Jambi Fachrori Umar mengaku sangat mengapresiasi langkah dan upaya penegakan hukum yang dilakukan oleh Polda Jambi.

“Negara harus hadir dan tidak boleh kalah terhadap aksi-aksi kriminal dan premanisme,” ungkapnya, Jumat (19/7/2019).

Menurutnya, penangkapan terhadap Muslim CS dan beberapa anggota Serikat Mandiri Batanghari (SMB) lainnya yang patut diduga telah melakukan tindakan kriminal berupa perambahan kawasan hutan, perusakan dan penjarahan fasilitas kantor perusahaan serta tindakan penganiayaan terhadap anggota masyarakat, karyawan perusahaan dan bahkan terhadap aparat TNI-Polri yang tengah melaksanakan tugas.

“Tindakan perusakan, penjarahan dan penganiayaan yang dilakukan oleh Muslim dan kelompoknya sungguh telah melampaui batas dan sangat kita sesalkan,” tandas Gubernur.

Diakuinya, sebelum aksi-aksi perusakan, penjarahan dan penganiayaan yang dilakukan Muslim CS dan kelompoknya, sebenarnya Pemerintah Provinsi Jambi beserta unsur Forkopimda yang tergabung dalam Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial sejak 1,5 tahun yang lalu telah berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan upaya mediasi dan dialog dengan kelompok Muslim (SMB) untuk mencari solusi terhadap konflik yang terjadi antara kelompok Muslim dengan pihak perusahaan PT. WKS.

Bahkan, tukas Fachrori, Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Provinsi Jambi telah menyusun Rencana Aksi Penanganan Konflik dalam rangka upaya penyelesaian konflik secara damai, namun pihak SMB sangat tidak kooperatif dan tidak pernah hadir setiap kali diundang rapat oleh Timdu.

Namun upaya Timdu tetap tetap berupaya menyikapi  dengan cara mengunjungi Muslim dan kelompoknya di lokasi yang bersangkutan di Distrik VIII, Desa Belanti Jaya, Kecamatan Mersam, Kabupaten Batanghari demi terwujudnya dialog.

“Akan tetapi tetap saja Muslim dan kelompoknya selalu memaksakan kehendak dan justru melakukan tindakan-tindakan anarkis yang justru kontra produktif dengan melawan hukum,” ujar Gubernur.

Dengan tertangkapnya Muslim CS, Gubernur sangat mendukung upaya-upaya penegakan hukum yang dilakukan oleh Polda Jambi.

“Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap tenang dan menjaga situasi tetap kondusif serta mempercayakan sepenuhnya penegakan hukum terhadap Muslim dan kelompoknya kepada Polda Jambi,” imbuh Fachrori.

(azhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *