Fachrori : Pemprov Komitmen Tingkatkan Kepedulian Terhadap Lansia

JAMBI.KABARDAERAH.COM – Gubernur Jambi, Fachrori Umar, menyampaikan, Pemerintah Provinsi Jambi berkomitmen untuk bekerja secara optimal dalam upaya meningkatkan kepedulian dan pelayanan terhadap para lanjut usia (lansia), khususnya para lansia yang terlantar.

Hal tersebut disampaikan Fachrori pada Puncak Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2019, yang berlangsung di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Sabtu (20/7/2019).

“Kita terus melakukan berbagai kegiatan sebagai upaya meningkatkan kepedulian dan pelayanan kepada lansia. Kita terus melakukan pembinaan dan pemantauan bersama dengan TP PKK Provinsi Jambi, BKOW Provinsi Jambi dan Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Jambi terhadap lansia yang ada di Provinsi Jambi,” ujar Fachrori.

Fachrori mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Jambi tidak mungkin melakukan penanganan permasalahan lansia secara sendiri, butuh sinergi yang kuat antara pemerintah, dunia usaha dan segenap elemen masyarakat. Penanganan permasalahan lansia dapat dilakukan melalui budaya dan nilai sosial yang ada pada masyarakat.

“Kepedulian keluarga terhadap anggota keluarganya yang sudah lansia menjadi sangat penting. Keluarga wajib melayani anggota keluarganya yang lansia, karena tempat paling mulia bagi lansia adalah tetap berada dalam lingkungan keluarganya,” ungkap Fachrori.

Fachrori mengemukakan, Pemerintah Provinsi Jambi terus melakukan sosialisasi dan advokasi kepada masyarakat tentang pentingnya perhatian dan kepedulian terhadap lansia. Pemerintah Provinsi Jambi juga terus berupaya dalam meningkatkan kesejahteraan lansia yang turut melibatkan seluruh pihak terkait, sehingga potensi yang ada dapat didayagunakan secara maksimal.

“Saya juga mengharapkan kepada Komda Lansia dan pihak terkait agar bekerja secara optimal dengan terus berupaya memberikan peluang kepada lansia untuk tetap sehat, sehat dengan memperhatikan aksesibilitasnya terhadap pelayanan publik agar mereka dapat terus berpartisipasi dalam pembangunan dan memperoleh jaminan sosial di hari tuanya,” kata Fachrori.

“Kita menginginkan, lansia ini bisa sejahtera di usia senjanya, sehingga usia senja tidak menghalangi lansia untuk tetap kreatif, produktif dan berprestasi, karena ada beberapa lansia yang masih terus berkarya dan proaktif. Saya mengingat kepada seluruh lansia bahwa, umur kita boleh tua, tetapi semangat harus tetap muda,” lanjut Fachrori.

Fachrori mengharapkan acara ini sebagai momentum untuk menyatukan pikiran dan langkah bersama dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada lansia, khususnya lansia terlantar yang ada di Provinsi Jambi.

(Aris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *